Penyakit Menular

3 Tips mencegah Corona agar kesehatan Anda tetap terjaga

Senin, 27 Juli 2020 | 09:12 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Tips mencegah Corona agar kesehatan Anda tetap terjaga

ILUSTRASI. Sejumlah ibu hamil mengikuti tes usap (tes swab) khusus untuk ibu hamil di Gelora Pancasila, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (21/7/2020). Surya/Ahmad Zaimul Haq

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus positif Corona di Indonesia masih terus mengalami peningkatan. Tentu saja Anda bisa ikut berperan dalam memutusan rantai penyebaran Virus Corona. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan beberapa tips mencegah Corona agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga.

Meski perkembangan penanganan Virus Corona terus dilakukan, tapi sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa digunakan untuk mencegah Virus Corona. CDC menyebutkan bahwa cara terbaik agar Anda tidak terkena penyakit Corona adalah dengan tidak terkena Virus Corona.

Seorang penderita Corona bisa menularkan virus ke orang lain yang berdiri tidak jauh dari dirinya (kurang dari 1 m). Droplet, dengan Virus Corona di dalamnya, yang dikeluarkan penderita Corona saat berbicara, batuk, atau bersin bisa menjadi penyebab penularan virus. Droplet tersebut bisa masuk melalui hidung dan mulut orang lain sehingga penyebaran Virus Corona terus berlangsung.

Tips Mencegah Corona

Virus Corona juga bisa berada di udara, jadi jika Anda tidak memproteksi diri Anda sendiri, kemungkinan tertular Virus Corona menjadi lebih besar. CDC memberikan tips mencegah Corona yang bisa Anda lakukan segera.

Baca Juga: Cara membuat masker kain tanpa mesin jahit, wajib Anda jajal

  • Rajin Cuci Tangan

Kuman, bakteri, dan virus sangat mudah menempel di tangan. Karena itu, penting bagi Anda untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. CDC mengatakan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alokohol minimal 60% jika tidak memiliki sabun dan air.

CDC menegaskan bahwa cuci tangan penting dilakukan setelah Anda datang dari tempat umum, batuk, atau bersin. Selain itu, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan, setelah dari kamar mandi atau WC, merawat orang sakit, atau menyentuh hewan peliharaan.

  • Jaga Jarak

Tips mencegah Corona selanjutnya adalah menjaga jarak dengan orang lain. Selalu ingat bahwa orang-orang yang tidak menunjukkan gejala juga bisa menularkan Virus Corona. Jagalah jarak dengan orang lain sejauh minimal 1 m.

Tak hanya dengan orang lain, tips mencegah Corona dengan menjaga jarak juga perlu dilakukan terhadap anggota keluarga dalam satu rumah yang sedang sakit. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan ruangan yang berbeda dengan anggota keluarga yang sakit.

Baca Juga: Berikut 3 ide bisnis saat pandemi yang sayang Anda lewatkan

  • Pakai Masker dengan Benar

Tips mencegah Corona dengan memakai masker yang benar adalah protokol kesehatan wajib yang perlu diterapkan. Penggunaan masker tidak hanya dilakukan agar Anda terhindar dari Virus Corona, tapi juga wajib dilakukan agar Anda tidak menularkan virus apapun ke orang lain.

Namun, jangan pakaian masker pada anak yang berusia di bawah 2 tahun dan memiliki gangguan pernapasan. Alih-alih menggunakan masker bedah atau masker N95 yang dipakai tenaga kesehatan, CDC mengatakan agar masyarakat memakai masker kain agar kebutuhan petugas kesehatan masih bisa terpenuhi.

Selain 3 tips mencegah Corona yang telah dijelaskan, Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan dengan memakai disinfektan pada benda-benda atau permukaan yang sering dipegang.

Memantau kesehatan diri sendiri juga tak boleh luput dilakukan. Pastikan Anda waspada dengan berbagai macam gejala penyait Corona yang mungkin dialami.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru