Tips Sehat

Cara membuat masker kain tanpa mesin jahit, wajib Anda jajal

Sabtu, 25 Juli 2020 | 07:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat masker kain tanpa mesin jahit, wajib Anda jajal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona baru mengharuskan semua orang menerapkan protokol kesehatan, salah satunya, menggunakan masker.  Anda bisa membuat masker kain tanpa mesin jahit, lo.

Tak harus masker medis, Anda bisa menggunakan masker kain sesuai anjuran WHO dan pemerintah. Jika tidak bisa menjahit, cara membuat masker kain tanpa mesin jahit juga bisa Anda lakukan.

Melansir Greenmatters.com, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagai cara membuat masker kain tanpa mesin jahit. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga: Ini dia minuman herbal untuk diet yang bisa Anda coba

  1. Siapkan bahan. Anda bisa menyiapkan bandana atau kain lain yang berbentuk segi empat, ikat rambut, dan gunting.
  2. Letakkan kain segi empat di bidang datar, kemudian lipat kain tersebut menjadi empat lapis.
  3. Pasang ikat rambut di kedua ujung kain.
  4. Lipat kedua ujung kain ke arah dalam.
  5. Pakai masker. Anda bisa menyesuaikan masker dengan ukuran wajah Anda. Cara memakai masker yang benar adalah masker yang menutupi hidung dan mulut.

Perlu Anda ingat, cara membuat masker kain tanpa mesin jahit ala Greenmatters.com hanya cocok dipakai dalam keadaan darurat. Anda harus memiliki masker lain yang lebih nyaman untuk dipakai.

Baca Juga: Tips tetap aman dari penularan virus corona selama bekerja

Cara memilih masker yang baik untuk Anda pakai adalah yang terbuat dari bahan tebal tapi tetap nyaman. Pemilihan bahan adalah hal penting agar Anda tidak merasa kesulitan bernapas saat memakai masker.

.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru