kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mencegah menyusui dengan satu payudara


Selasa, 21 Juni 2016 / 11:12 WIB
Cara mencegah menyusui dengan satu payudara


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Beberapa orang mungkin merasa nyaman jika menyusui hanya sebelah payudara saja. Posisi yang nyaman bagi ibu atau si kecil lebih mudah di posisi sebelah sisi saja membuat kebiasaan.

Namun pada dasarnya, tidak ada masalah yang cukup serius jika menyusui sebelah payudara saja. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi kebiasaan ini. Simak penjelasan dari Baby Center berikut ini:

Ada banyak penyebab mengapa si kecil senang menyusui sebelah payudara saja. Saat menyusui mungkin ia mengalami hidung tersumbat atau infeksi telinga karena posisi yang kurang nyaman. 

Selain itu, payudara juga bisa saja memiliki kualitas ASI yang berbeda sehingga bayi lebih menyukai salah satu payudara saja. Dalam hal ini ibu perlu mendapatkan bantuan dari dokter.

Produksi payudara setiap sisi juga bisa berbeda. Apalagi, jika si kecil semakin tua pasokan susu mungkin saja berkurang di sebelah sisi.

Anak yang berusia semakin tua juga memiliki posisi yang berbeda sehingga ibu harus menyesuaikan posisi yang memang memudahkannya. Bertumbuhnya badan anak pasti mengubah posisi yang nyaman untuk anak.

Untuk itu, ibu perlu membiasakan si kecil untuk menyusui di dua sisi payudara sebelum menginjak usia 6 minggu. Hal ini berfungsi untuk mempertahankan pasokan susu yang sama di kedua sisi.

Payudara yang jarang digunakan akan memiliki produksi yang rendah. Ibu juga bisa memerah ASI untuk menjaga produksi ASI dan mengurangi rasa nyeri. Sebab, payudara yang tidak terbiasa digunakan untuk menyusui akan lebih mudah terasa nyeri.

Saat menyusui cobalah menggunakan posisi yang sama di kedua sisi agar anak belajar menemukan payudara baik di sebelah kanan maupun kiri. Atau ibu juga bisa menggunakan posisi yang berbeda di setiap payudara.

Hal ini akan membuat ibu menemukan posisi yang nyaman di setiap sisi sehingga dapat menyusui dengan sisi yang bergantian dan tetap membuat anak nyaman.

Salah satu dampak yang akan dirasakan tentu payudara akan memiliki ukuran yang berbeda sebelah.  Payudara akan secara alami mengalami perubahan setelah 6 hingga 9 bulan anak lahir.

Setelah 15 bulan menyusui, barulah payudara akan kembali ke ukuran aslinya. Untuk itu, akan terlihat perbedaan ukuran jika hanya menyusui sebelah sisi payudara saja. Maka, ibu perlu mencoba tidak menyusui sebelah payudara saja. Meski diawali dengan rasa nyeri, hal ini tetap perlu dicoba lo.

(Niken/Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×