Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa, Kenali 7 Obat Alami Ini

Minggu, 17 April 2022 | 04:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa, Kenali 7 Obat Alami Ini


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Cari cara untuk mencegah sakit maag kambuh saat puasa? Anda bisa mengkonsumsi obat sakit maag berbahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Hal tersebut perlu Anda ketahui, pasalnya berpuasa bisa meningkatkan risiko sakit maag kambuh.

Oleh karena itu, mengkonsumsi obat maag alami cocok untuk dikonsumsi saat puasa. Pasalnya, saat berpuasa perut kosong dan berisiko menyebabkan maag kambuh. 

Maag merupakan gangguan lambung yang bisa terjadi kapan, di mana dan siapa aja . Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi sakit maag sesegars mungkin. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Bulan Puasa, Efektif Coba 4 Hal Ini

Namun, untuk meminimalisir efek samping dan memaksimalkan manfaat obat maag alami, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Melansir dari Netmeds, berikut beberapa obat maag alami yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Teh Herbal

Teh herbal adalah rekomendasi obat maag alami yang pertama. Teh herbal mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi rasa sakit karena sakit maag atau masalah lambung lainnya.

Biji Adas

Biji adas adalah obat maag alami yang telah teruji dapat meredakan sakit maag serta mengatasi kembung dan masuk angin.

Terdiri dari sejumlah besar senyawa tanaman yang berharga yaitu fenchone, anethole dan estragole, biji adas merangsang sekresi lambung, memungkinkan pemrosesan partikel makanan tanpa hambatan serta mengurangi gejala gangguan pencernaan dan tentunya mengatasi sakit maaf.

Minyak Peppermint

Teh peppermint

Minyak peppermint dianggap sebagai solusi efektif untuk mengatasi gangguan pada saluran perut, seperti kembung, sembelit, perut kembung, dan sakit maag.

Hal ini disebabkan tingkat mentol yang penting dalam ekstrak peppermint mampu melemaskan otot-otot usus dan memungkinkan proses pencernaan dan ekskresi yang lancar, sehingga sakit maag bisa teratasi.

Baca Juga: Mengandung Banyak Purin, Hati-Hati 5 Makanan Penyebab Asam Urat Ini

Cengkih

Cengkih adalah obat tradisional untuk menyembuhkan sejumlah masalah pencernaan termasuk kembung, keluhan lambung, perut kembung, sembelit dan bahkan sakit maag. 

Mengunyah biji cengkih atau menelan satu sendok teh bubuk cengkih dengan elaichi setelah makan merangsang sekresi asam pencernaan, sehingga mencegah keasaman dan menghilangkan gas yang berlebihan dari tubuh.

Cuka Apel

Obat maag alami selanjutnya yaitu cuka apel. Cuka apel mengandung senyawa yang mampu melancarkan pencernaan, mengurangi rasa sakit dan mencegah sakit maag kambuh. Selain itu cuka apel juga dapat menyebuhkan peradangan. Di perut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata, Coba 4 Bahan Alami Ini

Probiotik

Prebiotik juga termasuk salah satu obat maag alami. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang tergabung dalam berbagai makanan, dengan proses yang dikenal sebagai fermentasi. 

Prebiotik terdiri dari bakteri dan jamur (ragi) yang termasuk dalam kelompok Lactobacillus, Bifidobacterium, Rhizopus dan Saccharomyces, antara lain. Mereka disebut sebagai "bakteri baik" karena mereka membantu dalam mempertahankan pasokan alami mikroba menguntungkan di perut dan juga membantu untuk mengalahkan gastritis, ISK, diare dan termasuk sakit maag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru