kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mencegah Diabetes Melitus Sejak Muda, Cek Makanan yang Baik untuk Diabetes


Selasa, 06 Februari 2024 / 06:38 WIB
Cara Mencegah Diabetes Melitus Sejak Muda, Cek Makanan yang Baik untuk Diabetes
ILUSTRASI. Diabetes


Reporter: Adi Wikanto, Raissa Yulianti | Editor: Adi Wikanto

Cara mencegah diabetes melitus Melitus - Jakarta. Simak cara mencegah diabetes melitus melitus sejak usia muda. Kenali juga makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Cara mencegah diabetes melitus melitus sejak usia muda penting diketahui. Pasalnya, banyak anak muda yang mengalami gula darah tinggi sehingga berpotensi menderita diabetes melitus tipe 2.

Diabetes melitus tipe 2 adalah jenis diabetes melitus akibat gangguan produksi insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi mengantarkan glukosa dari darah ke sel untuk diubah menjadi energi.

Diabetes melitus tipe 2 dapat menyerang siapapun dari berbagai kalangan usia, tua atau muda. Melansir dari Diabetes UK, faktanya, sebanyak 20% orang normal & kurus juga bisa menderita diabetes melitus tipe 2 ini, loh!

Mendukung pernyataan tersebut, mengutip dari Ciputra Hospital, diabetes tipe 2 ini turut dipengaruhi oleh faktor berat badan dan etnis seseorang.

Lantas, bagaimana caranya mencegah diabetes melitus melitus tipe 2 sedari usia muda? Melansir dari Sehat Aqua, simak yang berikut ini.

Rutin minum air putih

Tips pertama mencegah diabetes melitus sejak dini adalah dengan rutin minum air putih.

Asupan air putih yang cukup dapat turut membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah dan insulin.

Baca Juga: 7 Makanan Murah Pembentuk Otot, Rutin Konsumsi setelah Olahraga

Makan secukupnya

Tips selanjutnya untuk mencegah diabetes melitus sejak dini adalah dengan mengonsumsi makanan secukupnya, jangan berlebihan.

Porsi makan yang baik di atur menjadi beberapa bagian dalam 1 piring, di antaranya ada ¼ bagian untuk karbohidrat kompleks, ½ bagian untuk sayuran, ¼ bagian untuk protein tanpa lemak.

Makan pun harus diatur, tak boleh langsung banyak sekaligus atau dalam porsi sedikit. Secukupnya saja agar kadar gula darah dan insulin dalam tubuh tak naik.

Kurangi menyantap makanan olahan & instan

Makanan olahan dan instan adalah “sahabat akrab” diabetes tipe 2.Dengan mulai mengurangi menyantap jenis makanan ini, maka secara tak langsung, Anda telah menghindari risiko terkena diabetes tipe 2 sedini mungkin.

Baca Juga: 5 Sayuran Murah yang Ampuh Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

Rutin olahraga

Tips selanjutnya untuk dapat mencegah diabetes melitus sejak muda adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Pasalnya, olahraga mampu meningkatkan sensitivitas insulin sel, sehingga pankreas tak perlu bekerja terlalu keras menghasilkan insulin untuk mengeluarkan gula dari darah agar masuk ke dalam sel.

Pertahankan berat badan

Khusus bagi Anda yang memiliki pola makan dan gaya hidup yang berantakan, Anda wajib waspada. Pasalnya, Diabetes tipe 2 dapat menyerang siapapun; tua atau muda, kurus atau gendut, yang memiliki pola hidup tak teratur.

Agar diabetes tipe 2 dapat dicegah sejak dini, Anda bisa memulainya dengan mulai mempertahankan berat badan.

Anda bisa mempertahankan berat badan dengan cara mengatur pola makan, berdiet, dan berolahraga yang mana dapat secara intensif dapat menurunkan berat badan, sehingga risiko terkena diabetes tipe 2 semakin menurun.

Perlunya vitamin D

Tahukan Anda, bahwa vitamin D berkaitan erat dengan diabetes? Ini disebabkan vitamin D turut berperan dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kurangnya vitamin D berkaitan erat dengan resistensi insulin & peningkatan risiko Diabetes Tipe 2.

Anda bisa memperoleh vitamin D dari berbagai makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Jadi Makanan Nasional Korea, Intip Manfaat Kimchi yang Bagus untuk Jantung

Atur asupan makanan

Mengatur asupan makanan juga bisa menjadi salah satu cara paling efektif mencegah diabetes melitus tipe 2 sejak dini.

Dengan mengurangi berbagai masakan olahan, Anda tak hanya bisa mempertahankan kesehatan tubuh saja, tapi juga mencegah diabetes melitus tipe 2.

Makanan untuk penderita diabetes

Diberitakan Kompas.com, Medical News Today menyebutkan ada beberapa jenis makanan untuk diabetes yang bisa dikonsumsi, seperti:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, dan kubis
  • Gandum utuh, seperti nasi cokelat dan buckwheat
  • Ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3, seperti salmon dan sarden
  • Biji-bijian, seperti kacang merah dan kacang hitam
  • Walnut
  • Buah citrus, seperti jeruk dan lemon
  • Buah beri, seperti bluberi dan stroberi
  • Yogurt dengan kandungan probiotik
  • Chia seed

Memahami sayuran apa saja yang tidak boleh dimakan penderita diabetes sangatlah penting untuk menjaga agar kadar gula darah tetap seimbang. Selain memperhatikan asupan makanan, penderita diabetes juga diimbau untuk mengonsumsi obat secara teratur dan berolahraga untuk mencegah terjadinya komplikasi, seperti kerusakan saraf.

Itu dia cara mencegah diabetes melitus tipe 2 sejak usia muda. Mari terapkan seluruh pola hidup sehat di atas agar senantiasa bugar dan panjang umur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×