Cara mencegah dan menghilangkan jerawat akibat masker anti-Covid-19

Selasa, 09 Maret 2021 | 07:07 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mencegah dan menghilangkan jerawat akibat masker anti-Covid-19

ILUSTRASI. Cara mencegah dan menghilangkan jerawat akibat masker anti-Covid-19. REUTERS/Pavel Mikheyev 

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Memakai masker adalah protokol kesehatan yang harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Namun, banyak yang mengeluhkan penggunaan masker penutup mulut dan hidung untuk mencegah Covid-19 malah menimbulkan jerawat. Bagaimana cara mencegah jerawat akibat penggunaan masker?

Keluhan jerawat akibat masker banyak diungkapkan kaum wanita saat datang ke klinik kecantikan. “Banyak yang mengeluhkan mask acne,” ujar dokter spesialis kulit MS Glow Aesthetic Clinic, dr Rini Hastuti Sp.kk di Bandung, Kamis (4/3/2020).

Ada beberapa pasien yang sebelumnya tidak pernah jerawatan, kini timbul jerawat. Munculnya jerawat itu terutama di kulit wajah yang mengenakan masker.

Munculnya jerawat tersebut disebabkan perilaku kerap menaik turunkan masker. Ketika seseorang menaik turunkan masker, ada kuman yang menempel ke kulit. Kuman ini kemudian masuk ke pori-pori dan berubah menjadi jerawat.

Oleh karena itu, untuk mencegah jerawat akibat penggunaan masker, dr Rini menyarankan untuk tidak melepas masker ketika ke luar rumah, kecuali saat makan. Ketika ditanya, apakah ada jenis masker yang memicu jerawat, Rini mengungkapkan tidak ada. Semua jenis masker sama potensinya dalam memunculkan jerawat.

Baca juga: Mutasi virus corona B.1.1.7 masuk Indonesia, ini yang harus dilakukan masyarakat

Cara menghilangkan jerawat akibat penggunaan masker

Untuk menghilangkan jerawat akibat masker, hal paling penting dilakukan adalah menjaga kebersihan, termasuk jangan terlalu sering naik turunkan masker. Jika jerawatnya ringan, perawatannya cukup dengan menggunakan skincare di rumah.

Namun jika jerawat yang timbul tingkatnya sedang ke berat, ada perawatan tambahan untuk menghilangkan jerawat seperti laser, peeling, hingga obat minum antibiotik. “Perawatan tambahan ini bisa dilakukan sebulan sekali. Selama pandemi ini, kami terapkan protocol kesehatan ketat,” ungkap dia.

Misal, semua dokter dan terapis mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Setiap sudut ruangan juga dilengkapi dengan hand sanitizer. MS Glow Aesthetic Clinic, Latifah Nuraeni mengaku, tidak ada penurunan pengunjung.

Setiap hari, ada sekitar 100 pengunjung kliniknya. Karena itulah, MS Glow menerapkan prokes ketat. Di antaranya, facial by appointment, orang yang berada di dalam ruangan sangat dibatasi, dan lainnya.

Itulah cara mencegah dan menghilangkan jerawat akibat masker. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Gunakan Masker Picu Munculnya Jerawat, Ini Cara Mengatasinya",


Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : Wisnubrata

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: ​Mengenal 3M dan 3T, upaya pencegahan penularan Covid-19

 

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru