kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Membuat Teh Meniran untuk Melawan Asam Urat Tinggi


Kamis, 08 Juni 2023 / 17:30 WIB
Cara Membuat Teh Meniran untuk Melawan Asam Urat Tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi menimbulkan rasa nyeri dan bengkak di salah satu persendian. Meniran, tanaman herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi. 

Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Baca Juga: Selain Wedang Daun Ketumbar, Air Rebusan Daun-Daunan Ini Bisa Menurunkan Asam Urat

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat tinggi. 

Meniran penurun asam urat tinggi

Salah satu tanaman herbal yang bisa menurunkan asam urat tinggi adalah meniran. 

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Ajaib Basmi Penyakit Dengan TOGA, meniran mengandung flavonoid yang bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Ion natrium dan kalium dalam meniran akan membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air. Dengan begitu kristal asam urat dalam darah dan ginjal dapat keluar dari tubuh melalui urine. 

Cara konsumsi meniran untuk menurunkan asam urat

Melansir dari buku berjudul 1001 Resep Herbal, membuat ramuan herbal untuk menurunkan asam urat tinggi dari meniran cukup mudah. 

Anda siapkan 30 gram -60 gram meniran segar. Anda cuci meniran sampai bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air. 

Anda rebus meniran sampai mendidih dan menyisahkan segelas air. Setelah dingin, Anda saring lalu minum sekaligus. 

Perlu diketahui, Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi meniran. Sebab, meniran memiliki efek sampaing yakni memicu gangguan disfungsi ereksi alias impotensi. 

Baca Juga: Selain Meningkatkan Kewaspadaan, Ini Manfaat Kafein untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×