Cara membuat air mawar yang mudah sekali untuk dicoba

Jumat, 07 Agustus 2020 | 11:01 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat air mawar yang mudah sekali untuk dicoba

ILUSTRASI. Cara membuat air mawar cukup mudah untuk dilakukan. KONTAN/Muradi/23/02/2017

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air mawar menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak dicari orang. Alasannya tentu saja karena banyaknya manfaat yang bisa didapat. Cara membuat air mawar bisa Anda lakukan sendiri di rumah, lo.

Air mawar bermanfaat sebagai antiinflamasi dan bisa membuat kulit jadi lembab. Selain itu, The Healthy Maven (thehealthymaven.com) menjelaskan bahwa ada manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari menggunakan air mawar.

Baca Juga: 8 Cara ampuh menghilangkan komedo

Air mawar bisa menyeimbangkan pH kulit, mengatasi iritasi pada kulit, dan mengurangi kerut halus dan keriput di wajah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat manfaat-manfaat itu. Anda bisa menggunakan air mawar sebagai toner, parfum, make up setter, atau dipakai saat mandi.

The Healthy Maven mengatakan bahwa air mawar bisa dipakai sebagai toner menggantikan cuka apel karena aromanya yang lebih wangi. Selain bisa melembabkan, air mawar yang dicampur pada air yang Anda gunakan saat mandi bisa memberikan efek relaksasi.

Cara Membuat Air Mawar

Cara membuat air mawar yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahannya. Anda cukup menyediakan bunga mawar dan air yang sudah ddistilasi. The Healthy Maven merekomendasikan untuk memakai 7 bunga mawar dan 1.5 l air distilasi, tapi Anda bisa melebihkan jumlahnya jika mau.

Baca Juga: Obat iritasi kulit bayi, perlu diperhatikan agar kondisi tidak semakin parah

Cara membuat air mawar selanjutnya adalah dengan memisahkan kelopak dari batang lalu rendam dalam air hangat untuk menghilangkan residu yang tersisa. Kemudian, campurkan kelopak mawar dengan air distilasi. Jangan berikan air terlalu banyak agar air mawar menjadi tidak terlalu encer.

Didihkan campuran yang sudah Anda buat selama 20 hingga 30 menit atau sampai warna kelopak mawar memudar. Setelah itu, cara membuat air mawar yang terakhir adalah dengan menyaringnya agar kelopak mawar terpisah. Letakkan air mawar yang sudah jadi dalam sebuah wadah.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru