Tips Sehat

Cara membersihkan pembuluh darah bisa pakai 5 bahan ini

Senin, 01 Februari 2021 | 10:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara membersihkan pembuluh darah bisa pakai 5 bahan ini

ILUSTRASI. Cara membersihkan pembuluh darah bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah bit. Foto: wikimedia.com

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Darah memiliki fungsi yang beraneka ragam dalam tubuh. Mulai dari mengantar oksigen, hormon, dan zat lain ke sistem imun, hingga menjaga sistem dalam tubuh tetap berfungsi secara normal. Maka dari itu, cara membersihkan pembuluh darah perlu Anda lakukan.

Ada banyak racun yang terkumpul dalam tubuh karena polusi, sisa makanan, dan stres. Jika tidak dibersihkan, tentu saja kondisi kesehatan tubuh Anda akan terganggu. Dengan membersihkan zat racun dari dalam tubuh, sistem imun tubuh akan meningkat sehingga risiko terkena penyakit pun menurun.

NDTV Food merekomendasikan beberapa jenis makanan yang bisa menjaga kebersihan darah Anda. Misalnya, brokoli, buah bit, kunyit, atau jenis buah dan sayuran hijau lainnya. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kondisi kesehatan tubuh Anda akan terjaga.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis makanan pembersih darah terbaik karena bisa mengeluarkan zat racun secara efektif. Hal itu disebabkan karena banyaknya kandungan penting yang dibutuhkan tubuh untuk terhindar dari penumpukan zat racun.

Mulai dari vitamin C, kalsium, asam lemak omega-3, serat, kalium, fosfor, magnesium, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin agar antioksidan dalam brokoli mampu membersihkan darah dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: 5 Cemilan sehat ini bisa jadi cara diet alami

Buah Segar

Cara membersihkan pembuluh darah selanjutnya bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi buah segar, seperti apel atau jambu biji. Jenis jambu biji itu mampu membuang lemak berlebih dan zat kimia berbahaya dalam tubuh secara efektif.

Sayur Hijau

Cara membersihkan pembuluh darah bisa pakai sayuran hijau, salah satunya bayam.

Selain brokoli, masih banyak jenis sayuran hijau lain yang mengandung banyak antioksidan, misalnya, bayam, selada, atau kale. Sayuran hijau tersebut mampu memperlancar aliran darah sehingga kondisi tubuh Anda terjaga.

Buah Bit

NDTV Food juga merekomendasikan buah bit untuk membersihkan zat racun dalam tubuh Anda. Jenis buah ini mengandung nitrat dan antioksidan alami yang mampu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di liver.

Baca Juga: 5 Rekomendasi makanan untuk diet, enak dan mudah didapat

Kunyit

Tidak hanya bahan-bahan di atas, cara membersihkan pembuluh darah juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi kunyit. Sama seperti buah bit, kandungan dalam kunyit dapat meredakan peradangan dan menjaga liver untuk berfungsi secara normal.

Curcumin, salah satu senyawa yang terdapat dalam kunyit, dapat melawan berbagai macam serangan penyakit. Tidak hanya itu, kunyit juga mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita anemia.

Selanjutnya: 5 Pilihan makanan berserat untuk memenuhi kebutuhan tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru