Tips Sehat

5 Pilihan makanan berserat untuk memenuhi kebutuhan tubuh

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pilihan makanan berserat untuk memenuhi kebutuhan tubuh

ILUSTRASI. Alpukat termasuk salah satu makanan berserat yang bisa Anda konsumsi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu memenuhi kebutuhan serat tubuh sehari-hari. Tujuannya agar metabolisme tubuh bisa berjalan lebih optimal. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan berserat secara rutin. Misalnya, kacang-kacangan, buah, dan sayur.

Salah satu jenis sayur yang mengandung serat adalah brokoli. Mengutip dari Benefiber (benefiber.com), 5 g brokoli mampu membantu bakteri dalam usus agar bisa bekerja secara optimal. Mengonsumsi brokoli juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Artinya, keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan dan kalori berlebih pun bisa berkurang. Selain brokoli, masih banyak makanan lain yang mengandung banyak serat untuk memenuhi kebutuhan Anda dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Buah Beri

Selain mengandung banyak antioksidan, buah beri juga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber makanan berserat. Anda bisa mendapat 4 g serat dalam segelas buah bluberi. Tak hanya itu, buah beri juga mengandung sedikit kalori sehingga cocok Anda konsumsi sebagai cemilan sehat.

Baca Juga: Makanan berserat ini cocok menurunkan berat badan Anda

Alpukat

Siapa yang suka dengan alpukat? Benefiber mengatakan bahwa dalam segelas alpukat terdapat 10 g serat yang bagus untuk tubuh Anda. Tak berhenti sampai di situ, alpukat juga mengandung lemak sehat. Cobalah untuk mengonsumsi alpukat dengan mengombinasikannya bersama makanan bergizi yang lain.

Apel

Buah apel adalah salah satu makanan berserat yang bisa Anda makan.

Anda bisa mendapat 4 g serat dari sebuah apel berukuran sedang. Jenis buah ini perlu Anda konsumsi secara rutin karena mampu menurunkan jumlah kolesterol dan melindungi arteri. Artinya, kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.

Gandum Utuh

Gandum utuh termasuk dalam makanan berserat yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Ada banyak jenis gandum utuh yang bisa Anda pilih. Mulai dari roti, nasi cokelat, pasta, hingga oatmeal. Anda bisa mengonsumsi gandum utuh itu bersama dengan sayur, buah, atau makanan bergizi lainnya.

Baca Juga: Inilah 4 makanan yang mengandung kolagen, harus rutin dikonsumsi

Umbi

Kentang, ubi jalar, atau jenis umbi-umbian yang lain bisa Anda jadikan sumber makanan yang mengandung banyak serat. Satu kentang berukuran kecil bisa memberikan 3 g serat. Kandungan nutrisi dari sumber makanan itu mampu melindungi dinding usus dari bahan-bahan berbahaya.

Meski demikian, Anda perlu memerhatikan cara mengelola kentang dan jenis umbi lain yang ingin Anda konsumsi. Usahakan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat. Hindari menggunakan minyak goreng dan garam berlebih karena bisa menghilangkan nutrisinya.

Selanjutnya: Cari cemilan sehat? 5 buah tinggi serat ini jawabannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru