kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Membersihkan Paru-Paru & Obat Sesak Nafas Alami


Rabu, 28 September 2022 / 04:55 WIB
Cara Membersihkan Paru-Paru & Obat Sesak Nafas Alami


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara membersihkan paru-paru secara alami. Kenali pula obat sesak nafas dari bahan-bahan alami agar pernafasan kembali lega.

Para perokok aktif maupun pasif perlu mengetahui cara membersihkan paru-paru secara alami. Pasalnya, paparan asap rokok bisa menyebabkan paru-paru kotor.

Selain perokok, orang yang sering beraktivitas di jalan raya di kota besar juga perlu mengetahui cara membersihkan paru-paru secara alami. Cara membersihkan paru-paru penting agar tidak mengundang penyakit berbahaya terkait pernafasan.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, saat ini, banyak produk di pasaran berbentuk vitamin, teh, atau minyak esensial yang diklaim mampu mendetoks paru-paru.Namun, menurut ahli paru Joshua Englert, MD, belum ada bukti yang kuat untuk mendukung klaim tersebut.

"Ada banyak produk yang dijual di internet yang diklaim dapat menghilangkan racun dari paru-paru, tetapi tidak ada studi ilmiah yang mendukung penggunaan salah satu dari produk itu," katanya.

Baca Juga: 5 Tanda Paru-Paru Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Cara membersihkan paru-paru secara alami

"Pada kebanyakan kasus, orang yang memiliki penyakit akut seperti pneumonia atau bronkitis akut, paru-paru akan pulih sepenuhnya," kata Norman Edelman, MD, profesor kedokteran di State University of New York di Stony Brook.

Tetapi jika paru-paru mengalami cedera kronis akibat keseringan merokok, organ itu kesulitan memulihkan diri, lanjut dia.

Kebiasaan merokok menyebabkan dua jenis kerusakan paru-paru dalam jangka panjang, yaitu emfisema (kerusakan dinding kantung udara di paru-paru) dan bronkitis kronis (peradangan pada saluran bronkus di dalam paru-paru).

Jika kantung udara pada paru-paru rusak, maka itu tidak dapat diganti, menurut Edelman. "Beberapa pembengkakan dan peradangan dari bronkitis bisa hilang, namun kerusakan struktural akan tetap ada," tuturnya.

Kendati demikian, semakin cepat kita berhenti merokok, peluang untuk membersihkan dan memperbaiki kerusakan pada paru-paru semakin besar.

Satu studi besar menemukan, sekitar 20 tahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) menurun ke tingkat yang sama seolah-olah kita tidak pernah merokok.

Satu dekade setelah berhenti merokok, risiko kematian akibat kanker paru-paru turun menjadi sekitar setengah dari individu yang merokok.

Lalu, 30 tahun berhenti merokok, risiko kanker paru-paru menurun ke tingkat yang sama dengan mereka yang tidak merokok.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan paru-paru secara alami

1. Berhenti rokok

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang pertama adalah berhenti merokok. Asap dari ujung rokok, ditambah asap yang keluar dari mulut perokok mengandung ratusan bahan kimia beracun.

Dilaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), menghirup asap rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari kanker paru-paru hingga stroke.

2. Menghindari asap rokok biasa maupun elektrik atau vape

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang kedua adalah menghindari asap rokok. Asap rokok biasa maupun elektrik atau vape dari orang lain harus dihindari.

Beberapa studi mengungkap risiko jangka pendek menggunakan vape. Salah satunya yaitu menyebabkan paru-paru kesulitan membersihkan lendir, yang bisa memicu infeksi.

"Partikel yang sebaiknya dihirup paru-paru adalah udara murni, bersih, dan obat-obatan yang diresepkan," ujar Edelman.

3. Mencegah infeksi

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang ketiga adalah melakukan pencegah infeksi paru-paru. Jagalah kesehatan paru-paru dengan vaksinasi flu dan pneumonia, rajin mencuci tangan, serta menghindari kontak dengan seseorang yang menderita penyakit flu atau penyakit lain.

4. Hindari polusi

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang keempat adalah menghindari polusi udara seperti asap kendaraan, pembakaran dll/ American Lung Association menyarankan untuk menguji kadar radon --gas beracun yang bisa memicu kanker paru-paru-- di dalam rumah.

Juga, jika kita membersihkan rumah dengan alat penyedot debu, gunakan filter HEPA dan pilih produk pembersih yang bebas dari senyawa organik yang mudah menguap.

Individu yang memiliki gangguan pernapasan kronis dianjurkan untuk melacak kualitas udara di sekitar tempat tinggal, dan tidak berada di luar rumah ketika kualitas udara sedang buruk.

5. Makan makanan kaya antioksidan

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang kelima adalah konsumsi makanan kaya antioksidan. Sebuah studi menemukan, mengonsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau, buah beri, dan makanan lain yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari beberapa kerusakan akibat merokok dan polusi udara.

Adapun studi besar dari para peneliti di Korea membuktikan, teh hijau yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi bisa mengurangi risiko terkena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Namun Englert mencatat, tidak ada bukti kuat bahwa mengonsumsi teh hijau mampu mengurangi risiko PPOK.

6. Berolahraga

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang keenam adalah berolahraga. Bukti menunjukkan, latihan kardiovaskular yang membuat jantung berdetak lebih cepat bisa membantu paru-paru bekerja lebih baik, catat Edelman.

Ketika kita melakukan aktivitas fisik, beban paru-paru menjadi lebih sedikit, sehingga paru-paru merasa lebih baik dan bisa bernapas lebih mudah.

Obat sesak nafas alami

Diberitakan Kontan.co.id, paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang rentan mengalami masalah. Terlebih jika Anda sering terpapar polusi, misalnya asap rokok. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami penyakit parah, contohnya bronkitis, asma, dan lain sebagainya.

Supaya kesehatan paru-paru terjaga, cobalah untuk rutin mengonsumsi jenis makanan di bawah ini. Jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Khususnya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa tetap terpantau.

Berikut obat sesak nafas alami

Brokoli

Brokoli adalah salah satu bahan alami yang bisa menjaga kesehatan sistem pernapasan. Mengutip dari Food NDTV (food.ndtv.com), manfaat itu datang dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari vitamin C, folat, karotenoid, dan lain-lain.

Apel

Jika Anda mencari obat sesak nafas, tak ada salahnya untuk makan apel secara teratur. Menurut sebuah penelitian, kandungan-kandungan yang ada dalam apel efektif meningkatkan fungsi paru-paru sehingga kesehatan sistem pernapasan Anda dapat terjaga.

Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan oleh Food NDTV adalah bawang putih. Flavonoid dalam bawang putih mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan karsinogen dan zat beracun lain yang mengganggu kesehatan sistem pernapasan Anda.

Kunyit

Kunyit termasuk salah satu jenis rempah yang bisa digunakan sebagai obat sesak nafas. Bukan tanpa alasan, curcumin dalam kunyit berfungsi sebagai antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan, apalagi pada penderita asma.

Buah Beri

Ada banyak jenis buah beri yang berguna untuk menjaga sistem pernapasan, salah satunya adalah bluberi. Jenis buah itu mengandung banyak vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit dalam tubuh dapat dilawan.

Jahe

Supaya sesak napas tak sering Anda alami, cobalah untuk rutin makan jahe. Sama seperti bahan alami yang lain, jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam jahe juga efektif mengeluarkan polusi yang mengganggu sistem pernapasan.

Itulah cara membersihkan paru-paru secara alami dan obat sesak nafas dari bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×