kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Membersihkan Komedo, Coba 5 Bahan Alami Ini


Selasa, 26 April 2022 / 10:11 WIB
Cara Membersihkan Komedo, Coba 5 Bahan Alami Ini
ILUSTRASI. Komedo di dagu.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Cara membersihkan komedo relatif mudah untuk dilakukan. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah dicari dan banyak dijual dipasaran. 

Komedo adalah bintik bintik hitam yang berasal dari kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit umumnya di area hidung. 

Jika dibiarkan, membersihkan komedo akan lumayan sulit karena kotoran sudah menempel keras dan nampak menjadi flek hitam. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mudik Lebaran

Salah satu cara membersihkan komedo adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pasalnya, bahan alami mempunyai kandungan yang baik untuk kulit selain dapat membersihkan komedo. 

Melansir dari NDTV, ada beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan komedo sekaligus menjaga kesehatan kulit. 

Putih Telur dan Lemon 

Putih telur dan lemot mempunyai khasiat dapat merawat dan mengencangkan kulit. Selain itu, campuran putih telur dan lemon juga mampu membersihkan komedo dan flek hitam. 

Campurkan putih telur dengan 2 sdt perasan lemon, lalu aplikasi ke wajah secara rutin agar manfaatnya bisa maksimal.

Madu dan Lemon

Cara membersihkan komedo lainnya adalah dengan mencampur madu dan lemon. Kombinasi madu dan lemon merupakan perpaduan yang cocok untuk membersihkan komedo serta menjaga kesehatan kulit. 

Campukan 1 sdt perasan lemon dengan 1/2 sdt madu. Setelah campuran tersebut dibuat, aplikasikan ke area hidung dan lain-lain. 

Baca Juga: Jangan Makan Sembarangan Saat Sahur dan Buka Puasa, Simak 5 Penyebab Diare Ini

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa juga dipakai untuk membersihkan komedo. Pasalnya, kandungan dalam minyak kelapa dipercaya mampu membersihkan kotoran yang menyumbat di pori-pori alias komedo. 

Gula dan Jojoba Oil 

Rekomendasi bahan alami selanjutnya untuk membersihkan komedo adalah gula dan jojoba oil. Campura kedua bahan alami tersebut efektif dapat membersihkan sel-sel kulit mati. 

Caranya, Anda hanya tinggal mencampurkan 1 gelas gula dengan 3 sdm jojoba oil. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengaplikasinnya ke area wajah. 

Oatmeal, Yogurt dan Lemon

Kali ini Anda bisa mencampurkan 3 bahan alami yaitu oatmeal, yogurt dan lemon sekaligus untuk membersihkan komedo. Selain dapat membersihkan komedo campura ketiga bahan alami tersebut mampu mencerah kulit juga loh. 

Untuk cara membuatnya, Anda bisa mencampurkan 2 sdm oatmeal, 3 sdm yogurt dan 1/2 perasan lemon lalu aduk sampai merata. Setalah jadi, Anda bisa langsung aplikasikan ke area wajah dan bilas setelah beberapa menit. 

Demikian cara menghilangkan komedo dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Agar menghindari efek samping cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×