Cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

Kamis, 15 Juli 2021 | 13:06 WIB Sumber: Kompas.com
Cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

ILUSTRASI. Cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara membedakan gejala Covid-19 akibat virus corona varian Delta. Pasalnya, gejala Covid-19 akibat virus corona varian Delta berbeda dengan sebelumnya. Bahkan, gejala Covid-19 akibat virus corona varian Delta mirip dengan sakit flu musimam.

Varian delta semakin mendominasi penularan Covid-19 di seluruh dunia. Varian virus corona B.1.617.2 atau Delta adalah varian virus corona yang ditemukan bermutasi pertama kali di India.

Setelah menyebabkan kekacauan dan tsunami Covid-19 yang parah di India, varian ini pun mulai mengancam kesehatan masyarakat dunia. Di Amerika Serikat, varian Delta menjadi strain virus corona dominan yang menginfeksi masyarakat di negara tersebut.

Sifatnya yang dapat menular dengan cepat atau lebih menular, bahkan jika dibandingkan dengan varian Alpha, varian Delta sekitar 50 persen lebih menular. Bahkan, di Indonesia, kali pertama varian Delta masuk ke negara ini, menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 yang tak terkendali di Bangkalan, Madura dan Kudus.

Melansir BBC, Rabu (14/7/2021), para peneliti mengatakan bahwa sakit kepala, sakit tenggorokan dan pilek sekarang menjadi gejala yang paling sering dilaporkan terkait infeksi Covid-19 di Inggris. Peneliti yang melakukan studi Zoe Covid Symptom, Prof Tim Spector, mengatakan bahwa orang yang tertular varian virus corona Delta bisa merasakan gejala 'lebih pilek' atau mirip flu musiman, dan gejala varian Delta ini banyak dilaporkan pada kelompok orang yang lebih muda.

Baca juga: Perbedaan gejala Covid-19 varian Delta dengan umum

Akan tetapi, kendati mereka mungkin tidak merasakan gejala atau sakit parah, namun tentunya mereka masih bisa menularkan virus dan membahayakan orang lain. Siapa pun yang mengira mungkin mengalami Covid-19, peneliti menyarankan agar tetap melakukan tes.

Cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

Seperti diketahui, gejala Covid-19 biasa, yang disebabkan oleh varian awal virus corona SARS-CoV-2, umumnya menurut NHS adalah sebagai berikut.

  • Batuk
  • Demam
  • Kehilangan bau (anosmia) atau rasa

Kendati demikian, Prof Spector mengatakan sekarang gejala-gejala Covid-19 biasa tersebut kurang umum pada orang yang terinfeksi virus corona varian Delta. Tampaknya gejala Covid-19 varian Delta ini cenderung mirip flu musiman.

Hal itu didasarkan oleh data yang diterima para peneliti di Zoe Covid Symptom, yang telah mencatat gejala Covid-19 varian Delta yang dialami oleh ribuan orang di sebuah aplikasi. "Sejak awal Mei, kami telah melihat gejala teratas pada pengguna aplikasi, dan mereka (gejala Covid-19 awal) tidak sama seperti sebelumnya (gejala varian Delta)," katanya.

Perubahan itu tampaknya terkait dengan peningkatan infeksi varian delta, yang kali pertama teridentifikasi di India. Jadi, apa saja gejala Covid-19 varian Delta ini?

Simak cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

Editor: Adi Wikanto

Terbaru