Cara membedakan gejala Covid-19 dengan pilek dan flu biasa

Jumat, 18 September 2020 | 16:02 WIB Sumber: Kompas.com
Cara membedakan gejala Covid-19 dengan pilek dan flu biasa

ILUSTRASI. Cara membedakan gejala Covid-19 dengan pilek dan flu biasal./Pho KONTAN/Carolus Agus W/07/09/2009.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gejala Covid-19 hampir sama dengan penyakit pilek dan flu, antara lain demam, hidung tersumbat, batuk bersin, dan keluar lendir dari hidung. Meski demikian, gejala Covid-19 bisa dibedakan dengan pilek dan flu biasa.

Pilek, flu dan Covid-19 disebabkan oleh virus-virus yang berbeda. Orang awam mungkin akan sangat kesulitan menetukan penyakit mana yang sedang mereka alami. Apalagi ketika terjadi di masa pandemi, kecurigaan sering kali mengarah gejala Covid-19.

Kebanyakan orang yang merasakan sakit karena virus corona akan mengalami setidaknya satu dari gejala-gejala kunci berikut:

  • Suhu tubuh tinggi.
  • Batuk yang baru atau berkelanjutan.
  • Kehilangan kemampuan mencium atau mengecap rasa.

Lalu, jika mengalami satu atau lebih dari gejala tersebut, bagaimana membedakan gejala Covid-19 dengan pilek dan flu biasa?

Baca juga: Diskon 50% dari promo Hari Hari Swalayan KJSM 17-20 September

1. Demam

Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya sudah lebih dari 37,8 derajat Celcius. Demam seperti ini terjadi karena tubuh memerangi infeksi, namun tidak selalu karena virus corona. Gunakan termometer untuk mengetahui angka suhu yang akurat. Jika tidak punya, mintalah bantuan orang terdekat untuk menilai apakah tubuhmu terasa hangat.

Penderita pilek sangat jarang mengalami demam.  Untuk mengetahui kepastian penyakit yang diderita, ada baiknya kamu menjadwalkan pemeriksaan virus corona.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru