Cara Membakar Lemak Visceral Untuk Mengatasi Perut Buncit, Lakukan 5 Latihan Ini

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:27 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Membakar Lemak Visceral Untuk Mengatasi Perut Buncit, Lakukan 5 Latihan Ini

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Lemak Visceral Untuk Mengatasi Perut Buncit, Lakukan 5 Latihan Ini


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara membakar lemak di perut atau lemak visceral secara mudah dan alami. Cara membakar lemak visceral bisa membantu untuk menghilangkan perut buncit.

Cara membakar lemak di perut secara mudah dan alami bisa dilakukan dengan sejumlah olahraga tertentu. Tentunya, cara membakar lemak visceral untuk menghilangkan perut buncit ini harus dilakukan secara rutin.

Berurusan dengan simpanan lemak yang membandel di bagian perut atau lemak visceral bisa membuat kita frustasi. Lemak visceral, selain mengganggu penampilan, juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Pada wanita, jenis lemak ini bahkan berpotensi memicu kanker payudara. Untuk menghilangkan simpanan lemak di sekitar perut, cobalah mengikuti latihan kekuatan yang menargetkan beberapa bagian otot dan latihan kardio dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: 6 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati!

Setidaknya, ada lima jenis latihan yang bisa dicoba sebagai cara menghilangkan lemak di perut.

1. Dumbbell clean and press

Cara pertama membakar lemak di perut secara alami adalah dengan melakukan olahraga dumbbell clean and press. Dalam latihan ini, pegang dua dumbel di tangan kiri dan kanan.

Usahakan posisi dada tetap tegak dan otot inti kencang, dan arahkan pinggul ke belakang. Kemudian, gerakkan pinggul ke depan, dan angkat beban hingga setinggi bahu.

Berjongkok sampai pinggul sejajar dengan lantai, dan dorong menggunakan tumit. Manfaatkan momentum squat untuk menekan beban ke atas, lalu kembali ke posisi awal. Terapkan latihan ini tiga set dengan delapan repetisi atau pengulangan.

2. Dumbbell reverse lunge to step up

Cara kedua membakar lemak di perut secara alami adalah dengan melakukan olahraga dumbbell reverse lunge to step up.

Caranya adalah berdiri di depan bangku sembari memegang dumbel di kedua tangan. Lakukan lunge terbalik (reverse lunge) dengan melangkah mundur menggunakan satu kaki dan memijakkan kaki tersebut secara sempurna.

Gunakan kaki yang sama untuk melangkah, dan letakkan tumit di atas bangku. Otot inti harus dalam kondisi kencang. Condongkan tubuh ke arah depan, dan tekuk tumit sembari menaikkan posisi glute (otot bokong).

Lakukan gerakan ini secara berulang dengan satu kaki sebelum beralih menggunakan kaki satunya. Selesaikan tiga set latihan dengan delapan repetisi untuk setiap kaki.

Baca Juga: Catat 6 Cara Meningkatkan Performa Seksual yang Wajib Suami Istri Ketahui

3. Dumbbell row

Cara ketiga membakar lemak di perut secara alami adalah dengan melakukan olahraga dumbbell row. Caranya, lebarkan kedua kaki hingga sejajar dengan bahu, dorong pinggul ke belakang, dan buat posisi membungkuk ke depan sekitar 45 derajat.

Kencangkan otot inti, lalu ayunkan kedua dumbel ke arah pinggul, akhiri dengan menekan lat (latissimus dorsi atau otot berbentuk V besar yang menghubungkan lengan ke tulang belakang).

Luruskan lengan sebelum melakukan pengulangan gerakan. Selesaikan latihan ini dengan 10-12 repetisi.

4. Sled sprints

Cara keempat membakar lemak di perut secara alami adalah dengan melakukan olahraga sled sprints. Manfaatkan sled dengan menggunakan beban sekitar 20 kilogram (jika sled memiliki satu slot beban), atau beban sekitar 10 kilogram apabila ada dua slot beban pada sled tersebut.

Pegang bagian atas palang sled dengan tangan terentang, Dorong sled sejauh 18-36 meter ke satu arah, lalu kembali dengan posisi tubuh 45 derajat ke bagian palang.

Selama mendorong sled, usahakan agar kepala dan mata mengarah ke tanah. Ambil waktu istirahat selama 2-5 menit sebelum melakukan set berikutnya. Lakukan sled sprints sebanyak tiga hingga lima set, dengan mendorong sled 18-36 meter.

5. Bike sprints

Cara kelima membakar lemak di perut secara alami adalah dengan melakukan olahraga bike sprints. Dalam latihan bike sprints, gunakan exercise bike untuk menggowes sepeda dengan interval waktu tertentu (sprint interval).

Interval waktu yang bisa dicoba yaitu menggowes sepeda secara cepat 20 detik, kemudian menurunkan kecepatan selama 20-40 detik sebelum mengulangi gerakan tersebut. Selesaikan bike sprints dalam waktu 15-20 menit.

Itulah berbagai cara membakar lemak di perut secara alami. Selain menjalankan berbagai cara untuk membakar lemak perut di atas, ubah juga pola makan Anda. Konsumsi goreng-gorengan akan meningkatkan lemak visceral di perut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Latihan yang Efektif Membakar Lemak Visceral",


Penulis : Gading Perkasa
Editor : Wisnubrata

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru