Cara Membakar dan Menghilangkan Lemak Perut Agar Tidak Buncit

Selasa, 15 November 2022 | 07:55 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Cara Membakar dan Menghilangkan Lemak Perut Agar Tidak Buncit

ILUSTRASI. Cara Membakar dan Menghilangkan Lemak Perut Agar Tidak Buncit

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara membakar dan menghilangkan lemak perut agar tidak terlihat buncit. Cara membakar dan menghilangkan lemak perut bisa dilakukan mudah, asal ada niat.

Cara untuk membakar dan menghilangkan lemak perut perlu diketahui setiap orang. Pasalnya, di tengah gaya hidup tidak sehat, banyak orang mengalami perut buncit.

Cara membakar dan menghilangkan lemak perut bukan hanya untuk mengatasi perut buncit. Lemak perut harus dihilangkan agar tidak semakin menumpuk dan mengundang penyakit berbahaya.

Dilansir dari Kompas.com, Dr Mary Claire Haver, spesialis obstetri dan ginekologi serta pendiri Galveston Diet mengungkapkan bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu topik yang sering diangkat oleh Haver adalah lemak perut. "Pasien saya datang kepada saya selama bertahun-tahun, memegang, dan menggoyang-goyangkan bagian tengah tubuh mereka," ujar Haver, seperti dilansir laman Click2Houston.com.

"Mereka bertanya 'apa yang terjadi? Saya belum mengubah diet saya, kebiasaan olahraga saya, tetapi ini hasilnya'."

Menurut Haver, peningkatan lemak perut atau lemak visceral sering terjadi pada wanita perimenopause dan menopause, dan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, seiring penambahan usia, setiap orang perlu melakukan cara untuk membakar dan menghilangkan lemak perut.

Baca Juga: 5 Cara Membakar Lemak Perut Dalam Satu Minggu

Cara cek kadar lemak perut

Lebih lanjut ia menjelaskan, cara mudah mengetahui seberapa tinggi kadar lemak perut dalam tubuh adalah dengan melihat rasio pinggang dan pinggul. Pertama, ukur pinggang pada titik terkecil, biasanya pusar.

Berikutnya, ukur sekitar pinggul di bagian terluas. Kemudian bagi ukuran pinggang dengan ukuran pinggul.

Jika rasio pinggang-pinggul adalah 0,85 atau kurang, tubuh kita relatif baik. "Rasio 1,0 atau lebih biasanya menandakan kita berisiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan," kata Haver.

Cara membakar dan menghilangkan lemak perut

Disarankan Haver agar menerapkan cara-cara ini untuk membakar dan menghilangkan lemak perut. Sebagian besar tergantung dari pola diet:

  • Mengonsumsi setidaknya 25 gram serat sehari
  • Makan tidak lebih dari 25 gram gula tambahan per hari
  • Melakukan olahraga secara teratur

Haver menambahkan, makan makanan yang kaya probiotik juga terbukti mengurangi lemak perut, seperti suplemen yang mengandung kunyit.

Dilansir dari Kompas.com,  Megan Mescher-Cox, DO, ahli pengobatan penyakit dalam, gaya hidup, dan obesitas, menambahkan cara membakar dan menghilangkan lemak perut lebih sulit dilakukan seiring bertambahnya usia karena berbagai faktor. "Secara fisiologis, tingkat metabolisme basal kita menurun, tetapi juga karena kebiasaan sehari-hari kita berbeda seiring bertambahnya usia," kata dia.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak Di Perut dan Mengecilkan Perut Buncit

Sebagai perbandingan, rata-rata anak bermain dan bergerak dalam waktu lama setiap hari. Sedangkan kebanyakan orang dewasa menghabiskan waktu dengan kebiasaan menetap atau tidak banyak bergerak. "Massa tulang kita juga menurun, terutama pada usia di atas 30-40 tahun dan penurunan massa tulang ini merupakan kontributor utama untuk tingkat metabolisme kita," imbuh Mescher-Cox.

Cara membakar dan menghilangkan lemak perut menurut Mescher-Cox dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Cara pertama membakar dan menghilangkan lemak perut adalah konsumsi sayuran dan buah-buahan. Asupan sayuran dan buah-buahan dikaitkan dengan angka berat badan yang lebih rendah dan penurunan risiko penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Risiko demensia dan beberapa jenis kanker juga berkurang dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sebab, kedua makanan ini mengandung antioksidan tinggi yang melawan stres oksidatif dan menimbulkan tanda-tanda penuaan.

2. Menjaga kualitas tidur

Cara kedua membakar dan menghilangkan lemak perut adalah menjaga kualitas tidur. Kualitas tidur sangat penting untuk mengendalikan berat badan dan hormon di dalam tubuh.

Ketika tidur, tubuh akan memulihkan diri setelah melakukan aktivitas seharian. Cobalah memenuhi kebutuhan tidur sebanyak delapan jam per malam. Kita tidak dapat mengganti waktu tidur yang hilang sehingga pastikan kita memiliki jadwal tidur secara teratur.

3. Berolahraga rutin

Cara ketiga membakar dan menghilangkan lemak perut adalah rutin olahraga. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari dalam lima hari seminggu. Satu jam lima kali dalam seminggu jauh lebih baik.

Jika kita sudah berolahraga rutin, tetapi masih sulit menyingkirkan lemak perut yang membandel, tingkatkan intensitas latihan untuk membantu mempercepat pembakaran lemak perut.

4. Tidak berdiam dalam waktu lama

Cara keempat membakar dan menghilangkan lemak perut adalah jangan berdiam terlalu lama. Duduk sepanjang hari merupakan salah satu faktor utama yang memperpendek usia.

Usahakan untuk bangun setidaknya lima menit per jam, atau berolahraga menggunakan sepeda statis di dalam rumah untuk menjaga aliran darah.

5. Melakukan perubahan gaya hidup secara menyeluruh

Cara kelima membakar dan menghilangkan lemak perut adalah mengubah gaya hidup secara menyeluruh. Gaya hidup sehat termasuk diet yang sarat akan buah-buahan dan sayuran serta membatasi makanan olahan, olahraga rutin, tidur teratur, dan tidak terlalu sering stres. Kita harus menerapkan gaya hidup sehat secara menyeluruh, bukan hanya berdiet sehat atau berolahraga.

Itulah beberapa cara membakar dan menghilangkan lemak perut secara alami yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru