Cara Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 Terdekat & Mengatasi Efek Samping Vaksin Booster

Selasa, 01 Maret 2022 | 04:50 WIB Sumber: covid19.go.id,Kompas.com
Cara Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 Terdekat & Mengatasi Efek Samping Vaksin Booster


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara cek lokasi vaksin Covid-19 booster terdekat. Kenali juga cara mengatasi dan mengurangi efek samping samping vaksin Covid-19 booster agar Anda tidak merasakan kondisi yang tidak nyaman.

Dilansir dari Kompas.com, cara cek lokasi vaksinasi Covid-19 terdekat bisa dilakukan secara online melalui ponsel. Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 atau vaksin booster bisa mencari lokasi vaksinasi via Google Maps atau website resmi pemerintah setempat.

Aplikasi Google maps yang terdapat di Android dan IOS dapat digunakan untuk melakukan cek lokasi vaksin Covid-19 dosis kedua dan booster. Cara cek lokasi vaksin Covid-19 maupun booster bisa ditentukan sesuai dengan lokasi terdekat pengguna.

Berikut cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster terdekat:

  • Buka aplikasi Google Maps pada ponsel.
  • Masukkan kata kunci berupa lokasi vaksin Covid-19 terdekat pada kolom pencarian.
  • Tunggu beberapa saat, Google Maps akan melakukan pencarian secara otomatis.
  • Pengguna bisa memilih lokasi vaksinasi Covid-19 sesuai hasil pencarian Google Maps.
  • Pengecekan melalui aplikasi Google Maps ini bisa dilakukan oleh pengguna di manapun di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ada 34.976 Kasus Covid-19 27 Februari 2022, Bagaimana Cara Bedakan Gejala Omicron?

Cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster lewat situs website

Selain menggunakan aplikasi Google Maps, cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster juga bisa dilakukan melalui situs website corona.jakarta.go.id. Pengecekan lokasi vaksinasi Covid-19 melalui situs website ini bisa dilakukan bagi warga DKI Jakarta atau warga Indonesia yang berdomisili di Jakarta.

Berikut cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster melalui situs website:

  • Masuk ke laman corona.jakarta.go.id.
  • Klik tab menu Vaksinasi
  • Pilih kuota vaksinasi JAKI

Pada laman itu, pengguna bisa menyesuaikan lokasi vaksinasi, tanggal vaksinasi, jenis faskes, nama vaksin, wilayah, kecamatan, kelurahan dan dosis vaksinasi.

Cek lokasi vaksin Covid-19 via website layanan info faskes

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/2/2022), masyarakat di Indonesia juga bisa menemukan lokasi vaksinasi Covid-19 melalui situs covid19.go.id/faskesvaksin. Berikut cara cek lokasi vaksin Covid-19 dan booster melalui situs website covid19.go.id:

  • Masuk ke laman covid19.go.id/faskesvaksin.
  • Sesuaikan lokasi provinsi dan kebupaten sesuai dengan lokasi terdekat pengguna.
  • Klik ‘cari sekarang’ dan tunggu sampai situs tersebut menemukan lokasi terdekat vaksinasi Covid-19 secara otomatis.
  • Sejumlah nama fasilitas kesehatan, nomor telepon, dan titik lokasi akan muncul.

Sebagai tambahan informasi, fasilitas kesehatan yang ditemukan didekat lokasi pengguna tidak semuanya siap melakukan dan menyediakan vaksinasi. Fasilitas kesehatan dengan tanda berwarna hijau pada keterangan siap vaksinasi saja yang bisa melakukan vaksinasi secara langsung.

Dengan mengklik tombol ‘info selengkapnya’, pengguna bisa mengetahui jadwal pelaksanaan vaksinasi, waktu, metode pendaftaran, usia pendaftar, dan ketersediaan stock vaksinasi.

Sementara fasilitas kesehatan yang berstatus warna merah pada keterangan hubungi perlu dipastikan kembali apakah fasilitas kesehatan tersebut masih menyediakan vaksinasi dalam waktu dekat. Cara memastikannya bisa dilakukan dengan menghubungi nomor fasilitas kesehatan terkait yang sudah tertera.

Baca Juga: Aturan Karantina Dari Luar Negeri Diperlonggar Mulai Besok (1/3), Ini Rinciannya

Cara mengurangi atau mengatasi efek samping vaksin Covid-19 booster

Dilansir dari Kompas.com, vaksin Covid-19 booster juga bisa menimbulkan efek samping seperti demam, kelelahan, sakit kepala, meriang, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Akan tetapi, efek samping vaksin Covid-19 booster tersebut berbeda-beda setiap orang.

Ada yang mengalami efek samping vaksin Covid-19 booster dalam hitungan hari. Nnamun ada juga yang tidak merasakan efek samping vaksin Covid-19 booster apapun.

Meski demikian, manfaat vaksin tentu lebih besar dibandingkan efek samping vaksin Covid-19 booster. Selain itu, efek samping dari vaksin Covid-19 booster juga bisa kita cegah atau kurangi.

Berikut cara mencegah atau mengurangi efek samping serius dari vaksin Covid-19 booster:

1. Minum air yang cukup

Cara pertama mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah minum air yang cukup. Menurut ahli kedokteran keluarga dari Westmed Medical Group, Nicholas Pantaleo, istirahat yang cukup dan minum air yang cukup selama satu hingga dua hari vaksin akan membantu mempercepat pemulihan efek vaksin.

Sebelum vaksin, Anda juga disarankan untuk menambah asupan air minum sebanyak satu liter akan sangat membantu untuk meminimalisir dampak vaksin. "Tetap tambah asupan cairan itu sampai dua hari usai vaksin," tambah Pantaleo. Untuk mempermudah, pertimbangkan untuk membeli botol air ekstra besar yang dapat digunakan kembali setelah vaksin.

2. Hindari aktivitas berat

Cara kedua mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah menghindari aktivitas berat setelah vaksinasi.

Anda juga disarankan untuk sering melatih lengan Anda sebelum vaksinasi. Akan tetapi, usai vaksin Anda disarankan untuk mengistirahatkan lengan Anda selama satu hingga dua hari. Sebab, menggerakan lengan secara berlebihan usai vaksin bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

3. Siapkan asetaminofen atau ibuprofen

Cara ketiga mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah minum obat asetaminofen atau ibuprofen. Secara medis, obat antipiretik atau analgesik seperti asetaminofen dan obat antiinflamasi nonsteroid dapat digunakan untuk pengobatan gejala pascavaksinasi. Jika Anda mengalami demam selama lebih dari 48 jam setelah vaksinasi, Anda disarankan untuk melakukan tes Covid-19.

4. Hindari alkohol

Cara keempat mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah tidak minum alkohol.

Alkohol tidak akan menurunkan respons kekebalan tubuh, tetapi dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan yang terkait dengan vaksin. Jadi, sebagai peringatan, sebaiknya hindari minum berlebihan sebelum dan sesudah vaksinasi.

Jumlah penerima vaksin Covid-19 booster

Program vaksin Covid-19 booster di Indonesia sudah dimulai sejak 12 Januari 2022. Hingga 27 Februari 2022, penerima vaksin Covid-19 booster mencapai 9.808.784 orang.

Untuk mendorong jumlah penerima vaksin Covid-19 booster, pemerintah telah mengubah syarat. Kini syarat mendapatkan vaksin Covid-19 booster adalah 3 bulan setelah vaksinasi dosis lengkap.

Sebelumnya, syarat vaksin Covid-19 booster adalah 6 bulan setelah vaksinasi dosis lengkap. Syarat vaksin Covid-19 booster lainnya adalah berusia 18 tahun ke atas dan dalam kondisi sehat.

Itulah berbagai cara cek lokasi vaksin Covid-19 terdekat dan cara mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster. Ayo, ikuti vaksin Covid-19 booster.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru