kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara cegah kelahiran anak autis


Selasa, 26 Juli 2016 / 17:52 WIB
Cara cegah kelahiran anak autis


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Setiap ibu hamil pasti ingin melindungi janin dari berbagai ancaman seperti ancaman autisme. Beberapa faktor seperti genetika memang tidak bisa terhindari, namun ada beberapa penyebab autisme yang disebabkan oleh lingkungan dan gaya hidup.

Berikut cara dari Fit Pregnancy guna mencegah autisme sejak dalam kandungan yang perlu diketahui dan lakukan.

1. Mengurangi paparan polusi udara

Faktor lingkungan memang menjadi penyebab risiko autisme. Peneliti di Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa ibu hamil yang terpapar polusi udara termasuk pada trimester ketiga memiliki risiko dua kali lipat lahir prematur. Komponen polusi udara yang berasal dari ratusan bahan kimia jadi penyebab utamanya.

2. Menghindari paparan bahan kimia

Selain polusi udara, ibu hamil perlu menjauhi hal-hal yang berbau bahan kimia seperti logam dan pestisida. Ibu hamil perlu memilah tempat makan hingga kosmetik yang mudah membuat terpapar oleh bahan kimia.

Batasi mengonsumsi makanan dan minuman kaleng hingga makanan yang terbungkus plastik. Selain itu, ibu hamil juga harus menjauhi produk perawatan diri yang memiliki aroma.

3. Berhati-hati dalam mengonsumsi obat

Beberapa studi seperti yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association mengungkapkan adanya hubungan antara obat yang ibu hamil konsumsi dengan risiko autisme. Misalnya penggunaan anti-depresan dan valproate akan menyebabkan gangguan neurologis yang berujung pada autisme. Sangat penting bagi ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

4. Perbanyak asam folat

Jangan lewatkan mendapatkan suplemen yang berisi dengan asam folat. Beberapa studi mengungkapkan asam folat yang kurang dapat meningkatkan risiko autisme. Berbagai ahli merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi 400-800 mcg asam folat setiap harinya. Sayuran hijau dan susu dapat memenuhi asam folat selama kehamilan.

5. Menjaga agar tidak sakit selama hamil

Ibu hamil yang sering sakit juga berisiko memiliki anak autisme? Beberapa penelitian telah mengungkapkan adanya hubungan infeksi ibu hamil dengan risiko terjadinya autisme. Untuk mencegah autisme sejak dalam kandungan, ada baiknya ibu hamil menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat dan istirahat cukup.

(Niken-Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×