kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Ampuh Mengatasi Batuk Kering, Sudah Coba 5 Obat Alami Ini?


Minggu, 22 Mei 2022 / 07:45 WIB
Cara Ampuh Mengatasi Batuk Kering, Sudah Coba 5 Obat Alami Ini?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Batuk kering adalah salah satu jenis batuk yang disebabkan oleh adanya virus atau benda asing disaluran pernapasan. Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat beberapa obat yang berbahan alami yang patut Anda coba. 

Meski demikian, sebelum mengkonsumsi obat alami untuk meredakan batuk kering, alangkah lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar pengobatan bisa lebih maksimal.

Biasanya, obat alami untuk batuk kering cukup mudah dicari karena menggunakan bahan-bahan alami yang biasa dikonsumsi di rumah, sehingga mungkin ada di dapur Anda.

Baca Juga: Catat! 7 Olahraga Rumahan yang Cepat Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Melansir dari Pharmeasy, terdapat beberapa rekomendasi obat-obatan berbahan alami yang bisa membantu meredakan batuk kering. Obat alami untun batuk kering tersebut di antaranya sebagai berikut: 

Garam 

Batuk kering dipercaya bisa reda dengan menggunakan garam. Pasalnya, garam mampu meredakan peradangan akibat batuk kering. 

Caranya, Anda yang tinggal mencampur 1/2 sdt garam dengan air hangat. Lalu, gunakan campuran air garam tersebut untuk berkumur sehingga dapat meredakan batuk kering yng diderita. 

Capsaicin

Rekomendasi obat alami untuk batuk kering selanjutnya adalah capsaicin. Sebelumnya, capsaicin adalah senyawa yang terkandung di dalam cabai yang mampu meredakan batuk kering. 

Caranya mendapatkan capsaicin cukup mudah, Anda hanya tinggal merebuh cabai, lalu meminum air rebusan cabai yang sudah mengandung capsaicin tersebut yang dipercaya dapat meredakan peradangan akibat batuk. 

Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat meredakan batuk kering. Hal tersebut dikarenakan ekstrak kunyit mengandung antisepsik, antivirus dan antiinflamasi yang mampu mengobati batuk kering. 

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Loh

Jahe 

Obat alami batuk kering lainnya yaitu jahe. Jahe terbilang cukup efektif meredakan batuk karena mengandung antinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat batuk tersebut. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi jahe juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh khusussnya saat pandemi covid-19 seperti sekarang. 

Daun Mint

Terakhir Anda bisa memafaatkan daun mint sebagai obat batuk kering. Pasalnya, daun mint mengandung mentol yang mampu meredakan tenggorokan akibat gatal karena batuk. 

Rebus beberapa helai daun mint, lalu minum secara rutin air rebusan tersebut sampai batuk kering membaik dan sembuh. 

Demikian obat-obat alami yang bisa Anda manfaat untuk mengobati batuk kering. Jika obat alami tersebut tidak berpengaruh atau disaranakn untuk pergi ke dokter agar pengobatan menjadi lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×