Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi, Rajin Olahraga Salah Satunya

Kamis, 10 Februari 2022 | 07:09 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi, Rajin Olahraga Salah Satunya

ILUSTRASI. Ilustrasi cara menurunkan kolesterol tinggi.


KONTAN.CO.ID - Kolesterol memilik fungsi penting dalam tubuh manusia, tetapi jika kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Terdapat banyak cara alami untuk dapat menurunkan kolesterol.

Kolesterol adalah zat seperti lilin seperti lemak yang diproduksi hati. Memiliki kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. 

Salah satu penyakit yang akan timbul karena kadar kolesterol tinggi adalah stroke. Oleh karena itu penting untuk menurunkan kadar kolesterol agar tetap normal dan sehat. 

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Staycation Murah di Bandung, Cocok untuk Rayakan Valentine 2022

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa cara alami menurunkan kolesterol. Berikut caranya adalah: 

1. Hindari lemak trans

Dengan terlalu banyak mengkonsumsi lemak trans akan berdampak buruk pada kesehatan, salah satu dampaknya adalah naiknya kadar kolesterol.

Pasalnya, lemak trans sangat berpotensi akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Umumnya lemak trans terdapat di margarin, minyak nabati, gorengan dan lain-lain.

2. Kurangi Konsumsi Lemat Jenuh

Cara alami menurunkan kolesterol kedua adalah dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh umumnya tetap padat pada suhu kamar sedangkan lemak tak jenuh biasanya cair.

Biasanya lemak jenuh terkadang di dalam daging merah, mentega, minyak goreng dan masih banyak lagi.

Diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL seseorang. Kelebihan kolesterol LDL dapat menumpuk dan membentuk endapan keras di arteri, yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis.

Baca Juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Versi 4ICU, Ada Binus dan Trisakti

3. Perbanyak Konsumsi Lemak Tidak Jenuh Tunggal 

Cara alam menurunkan kolsterol selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi lemak tidak jenuh tunggal. Contohnya seperti Sayuran, kacang-kacangan, dan ikan kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tidak jenuh dapat ditemukan di alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, wijen dam masih banyak lagi.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru