HOME

Cara agar kentut lancar dan terhindar dari penyakit berbahaya

Rabu, 08 Juli 2020 | 10:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara agar kentut lancar dan terhindar dari penyakit berbahaya

ILUSTRASI. Cara agar kentut lanca perlu dilakukan agar tubuh tidak terkena penyakit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kentut adalah hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Biasanya, seseorang bisa kentut sebanyak lima hingga 23 kali dalam satu hari. Meski demikian, ada orang yang kesulitan untuk kentut. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara agar kentut lancar.

Dilansir dari healthline.com, gas masuk dalam tubuh melalui sistem pencernaan. Penumpukan gas dalam tubuh semakin banyak ketika Anda merokok, minum menggunakan sedotan, atau mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Sebenarnya, gas dalam tubuh manusia bisa dikeluarkan dengan dua cara, yaitu kentut dan bersendawa.

Baca Juga: Obat batuk herbal alami dan penanganan yang bisa Anda lakukan

Sebaiknya, jangan biasakan diri untuk menahan kentut. Gas yang tertahan dan tidak dikeluarkan akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Masih dari laman yang sama, healthline.com menyebutkan kentut yang ditahan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, gangguan pencernaan, dan kembung.

Jika menahan kentut terus Anda lakukan, dampaknya bisa lebih parah, lho. Anda bisa terkena penyakit divertikulitis. Divertikulitis adalah sebuah penyakit di mana muncul gelembung-gelembung di sepanjang saluran pencernaan. Biasanya, gelembung tersebut banyak ditemukan di usus besar.

Saat Anda menahan kentut, gas yang harusnya dikeluarkan akan kembali ke sistem pencernaan. Anda akan merasa bahwa ada gas yang bergerak dalam perut Anda. Itu adalah gas yang kembali dalam sistem pencernaan karena tidak bisa keluar.

Baca Juga: Apa, sih, yang harus dilakukan ketika anak diare?

Cara agar Kentut Lancar

Healthline.com mengatakan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar kentut.

Cara pertama adalah dengan melakukan beberapa gaya yoga. Gerakan yoga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Beberapa gerakan yoga memiliki peran yang cukup besar di area perut sehingga bisa dijadikan cara agar kentut lancar. Anda bisa praktikkan gerakan yoga berupa wind-relieving pose, child’s pose, seated forward bend, two-knee spinal twist pose, atau happy baby pose.

Selain menggunakan gerakan yoga, beberapa jenis makanan juga bisa Anda pakai untuk memperlancar kentut. Masih mengutip healthline.com, Anda bisa mengunyah permen karet, mengonsumsi kacang-kacangan, dairy product, buah, sayur, gandum, atau makanan berlemak.

Meski berkentut dianggap kurang sopan, tapi jangan sampai Anda terus menahannya. Seperti yang sudah disebutkan, menahan kentut secara berlebihan akan membuat kesehatan tubuh menjadi terancam.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru