Kesehatan Umum

Bukan hamil, inilah 5 penyebab menstruasi tidak lancar

Jumat, 25 Desember 2020 | 12:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bukan hamil, inilah 5 penyebab menstruasi tidak lancar

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yang perlu Anda perhatikan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siklus menstruasi yang rutin merupakan salah satu tanda bahwa tubuh berfungsi secara normal. Jadi, Anda perlu waspada jika siklus tersebut mengalami hambatan. Penyebab menstruasi tidak lancar bukan hanya karena Anda hamil, tapi bisa karena faktor yang lain.

Stres

Stres jadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar yang sering tak disadari wanita, lo. Stres dapat menekan kemampuan hormon yang mengatur pembuahan. Hasilnya, siklus menstruasi Anda menjadi terganggu.

Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Ada banyak hal yang bisa Anda coba untuk melakukan hal itu. Mulai dari yoga, meditasi, melakukan hobi, dan lain-lain. Jika Anda masih kesulitan untuk mengatur stres, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Olahraga Terlalu Berat

Insider (insider.com) mengatakan bahwa olahraga terlalu berat juga bisa mengganggu siklus menstruasi. Saat Anda mulai meningkatkan intensitas olahraga, proses pembuahan akan terhalangi. 

Baca Juga: Sebaiknya Anda hindari, berikut 5 larangan saat haid

Artinya, ketika tak ada sel telur yang menebal di dinding rahim, tak ada pula peluruhan atau menstruasi yang terjadi. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu.

Berat Badan Tiba-Tiba Turun

Selain olahraga ekstrem, berat badan yang turun secara tiba-tiba juga bisa jadi penyebab menstruasi tidak lancar. Hal itu dapat mengganggu proses pembuahan dalam tubuh. Maka dari itu, usahakan untuk melakukan diet dengan cara yang benar supaya kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.

Jenis Obat Tertentu

Mengutip dari Insider, ada beberapa jenis obat yang dapat mengganggu siklus menstruasi wanita. Mulai dari pil KB, obat kanker, kemoterapi, antibiotik, dan lain-lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jenis obat tertentu.

Baca Juga: Ini penyebab dan gejala PCOS yang bisa Anda alami

Merokok

Kebiasaan merokok jadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar.

Selain dapat mengganggu kesehatan organ dalam tubuh, kebiasaan merokok juga mampu mengganggu siklus haid Anda tiap bulan, lo. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut supaya kondisi kesehatan Anda tak terganggu.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok. Namun, jika Anda mengalami kesulitan untuk menghentikannya, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran yang tepat sesuai dengan kondisi yang Anda miliki.

Selanjutnya: ‚ÄčKista ovarium: gejala, penyebab, dan pencegahannya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru