Kesehatan Anak

Buat para orangtua, ingat, 5 kalimat ini bisa runtuhkan dunia anak-anak

Senin, 04 November 2019 | 05:24 WIB   Reporter: kompas.com
Buat para orangtua, ingat, 5 kalimat ini bisa runtuhkan dunia anak-anak

ILUSTRASI. Ilustrasi keluarga sehat gembira bahagia segar rukun harmonis

KONTAN.CO.ID - Sebagai orangtua, apa yang Anda lakukan di sekitar anak-anak akan meninggalkan dampak bagi mereka.

Tak hanya perlakuan, menurut Amy Morin, psikoterapis dan instruktur di Northeastern University, mengutip CNBC, ungkapan atau kata-kata yang biasanya orangtua lontarkan juga bisa memengaruhi pandangan anak akan dunia serta keyakinan mereka.

Untuk itu, penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do dan 3 Things Mentally Strong Women Don’t Do ini membagikan lima ungkapan yang sebaiknya tidak orangtua katakan kepada anak-anak:

Baca Juga: Bekerja dari luar kantor ternyata bisa mengurangi stres, ini buktinya

1. Kita tidak pernah mampu melakukan itu

Beberapa orang terkadang mengatakan hal tersebut kepada anak ketika mereka meminta sesuatu. Namun, alih-alih bilang Anda tidak mampu, alangkah lebih baik jika mengatakan Anda berusaha untuk mendapatkannya.

Beberapa pasangan orangtua juga sering mengungkapkan kalimat tersebut ketika mereka memiliki masalah finansial. Jika hal ini terjadi, sebaiknya tunjukkan kepada anak-anak bila Anda memiliki kendali khususnya atas keuangan.

Contohnya, jika anak ingin pergi ke taman hiburan. Kalau Anda tidak mampu maka beri pengertian bila saat ini Anda tidak bisa mewujudkan keinginannya.

Namun, jangan lupa untuk mengatakan jika Anda berusaha agar mereka bisa ke sana entah bulan depan atau tahun depan. Setelah itu, pertimbangkan cara untuk mewujudkan hal tersebut, seperti menabung bersama.

Anda bisa menyiapkan wadah atau stoples agar anak bisa menabung untuk mewujudkan keinginannya.

Baca Juga: Terlalu banyak minum air ternyata juga berbahaya, simak tanda-tandanya

2. Kamu membuatku sangat marah

Sebagai orangtua, penting untuk tetap tenang dan menahan keinginan untuk menyalahkan anak-anak. Alih-alih marah untuk hal yang Anak lakukan, Anda bisa merespons dengan cara yang berbeda.

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru