Buah & Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Selasa, 17 Januari 2023 | 07:11 WIB Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Buah & Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Buah & Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak buah dan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Penderita diabetes harus pilah-pilih makanan untuk menjaga kadar gula darah di level normal.

Buah dan sayuran memang memiliki nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Namun, sejumlah buah dan sayuran tidak boleh dimakan penderita diabetes karena menyebabkan kadar gula naik.

Mengutip website Kementerian Kesehatan, kadar gula darah normal pada orang dewasa baik wanita dan laki-laki diukur dalam 2 cara. Kedua cara tersebut yakni kadar gula darah sewaktu (GDS) atau tanpa puasa. Kemudian kadar gula darah puasa (GDP).

Kadar gula darah normal pada orang dewasa baik wanita dan lak-laki menurut standar GDS adalah dibawah 200 mg/dl. Sedangkan kadar gula darah normal pada orang dewasa baik wanita dan laki-laki menurut GDP di bawah 126 mg/dl.

Baca Juga: Makan Gula Berlebihan Menyebabkan Diabetes?

Lalu, apa saja buah dan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes?

Buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes

Merangkum pemberitaan Kompas.com, berikut daftar buah yang tidak boleh penderita diabetes:

1. Buah-buahan tinggi gula

Daftar pertama buah yang tidak boleh penderita diabetes adalah buah-buahan tinggi gula dan memiliki skor indeks glikemik (GI) tinggi. GI menunjukkan seberapa banyak makanan tertentu dapat meningkatkan gula darah setelah mengonsumsinya.

Jika suatu makanan memiliki skor GI antara 70 dan 100, maka makanan tersebut masuk dalam kelompok tinggi gula. Sementara itu, beberapa buah dengan skor GI antara 70 dan 100 atau tinggi gula, yakni: Semangka, Pisang yang terlalu matang.

Sebenarnya, buah-buahan ini masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun dengan catatan, harus dimakan dalam jumlah sedang.

2. Buah-buahan tinggi karbohidrat

Daftar kedua buah yang tidak boleh penderita diabetes adalah buah-buahan tinggi karbohidrat. Dikutip dari Diabetes UK, jumlah karbohidrat yang dimakan memiliki dampak paling besar terhadap kadar gula darah seseorang. Oleh karena itu, asupan buah-buahan yang mengandung banyak karbohidrat juga sebaiknya dihindari atau dibatasi.

Sebagai gambaran, satu apel berukuran sedang mengandung karbohidrat sekitar 15-20 gram. Sedangkan satu pisang berukuran besar mengandung karbohidrat sekitar 30 gram.

Apabila masih ingin mengonsumsi buah-buahan kaya karbohdrat, pastikan untuk memakannya dalam porsi kecil. Selain itu, lengkapi pula dengan konsumsi protein serta makanan berserat tinggi lainnya.

3. Jus buah

Daftar ketiga buah yang tidak boleh penderita diabetes adalah buah yang diolah menjadi jus. Sebab, mengonsumsi jus buah dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Bukan hanya itu, penelitian pada 2013 menunjukkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah utuh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes tipe 2. Sebaliknya, orang yang minum jus buah dalam jumlah lebih banyak lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ini.

4. Buah kering

Daftar keempat buah yang tidak boleh penderita diabetes adalah buah kering. Buah yang dikeringkan dengan tambahan gula juga sebaiknya dibatasi oleh penderita diabetes.

Namun demikian, apabila dalam bentuk kering tanpa tambahan pemanis, maka buah kering justru bisa mencegah diabetes. Hal tersebut seperti dalam studi pada 2017, yang menemukan korelasi positif antara mengonsumsi kacang dan buah kering dengan pencegahan diabetes tipe 2.

The American Diabetes Association (ADA) turut mengonfirmasi, buah kering bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, tetapi dalam porsi kecil.

Sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes 

Dilansir dari Kompas.com, berikut daftar sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes:

1. Jagung 

Daftar pertama sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah jagung. Jagung, baik dalam bentuk rebus maupun olahan lain, merupakan makanan pendamping yang sangat enak.

Namun begitu, setengah cangkir biji jagung mengandung 21 gram karbohidrat dan hanya 2 gram serat. Kandungan karbohidrat yang tinggi ini perlu diwaspadai penderita diabetes. 

Selain itu, kurangnya serat juga tak baik bagi orang dengan diabetes. Sebab, serat membantu memperlambat proses pemecahan karbohidrat menjadi glukosa. 

Imbasnya, pelepasan glukosa dalam darah menjadi lebih lambat, sehingga gula darah tak langsung meningkat. Apabila masih ingin mengonsumsi jagung, pastikan untuk memakannya dalam porsi kecil. 

Selain itu, lengkapi pula dengan konsumsi protein serta makanan berserat tinggi. 

2. Kentang dan ubi 

Daftar kedua sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah kentang dan ubi. Kentang dan ubi adalah sayuran dengan kandungan karbohidrat paling tinggi daripada sayuran lainnya.

Meski tak benar-benar dilarang, penderita diabetes sebaiknya membatasi asupan kentang maupun ubi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sebagai alternatif, pengidap diabetes bisa menjauhi kentang dan ubi olahan, seperti kentang goreng dan keripik. 

Sebab, konsumsi kentang dan ubi olahan berpotensi memunculkan rasa candu dan keengganan untuk berhenti mengunyah. Belum lagi kandungan lemak dalam makanan olahan tersebut, turut meningkatkan risiko diabetes.  

3. Labu 

 

Daftar ketiga sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah labu, terutama labu madu. Labu madu mengandung 16 gram karbohidrat per cangkir dan kurang dari 3 gram serat. Kandungan ini tentu kurang baik untuk dikonsumsi orang dengan diabetes. 

 

Namun, apabila masih ingin memakan labu, pastikan dalam porsi kecil dan imbangi dengan sayuran hijau. 

4. Kacang polong 

Daftar keempat sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah kacang polong. Hal ini lantaran satu cangkir kacang polong mengandung karbohidrat cukup tinggi, yakni 20 gram. 

Kendati begitu, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi kacang polong dalam porsi kecil, misalnya setengah cangkir.

5. Sayuran dalam bentuk jus 

Daftar kelima sayuran yang tidak boleh penderita diabetes adalah sayuran yang diolah menjadi jus. Beberapa orang beranggapan bahwa konsumsi jus sayur sama baiknya dengan memakan sayur secara langsung. Padahal, anggapan tersebut amat keliru. Sayur dalam bentuk jus mengandung lebih sedikit serat daripada sayuran asli. 

Hal ini membuat tubuh tak mendapat komponen amat penting untuk mencegah kenaikan gula darah. Belum lagi tambahan gula pada jus sayur yang turut meningkatkan risiko diabetes.

Itulah daftar buah dan sayuran yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Kalaupun ingin makan sayuran dan buah di atas, penderita diabetes perlu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mendapat saran yang tepat.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Diabetes"
Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru