kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,72   -5,64   -0.61%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah dan Sayur yang Efektif Menurunkan Asam Lambung


Kamis, 12 Mei 2022 / 13:49 WIB
Buah dan Sayur yang Efektif Menurunkan Asam Lambung
ILUSTRASI. Mentimun efektif menurunkan asam lambung.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung muncul disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang buruk. Ini sayur dan buah yang efektif menurunkan asam lambung. 

Saat asam lambung naik akan memunculkan sejumlah gejala seperti mual, muntah, nyeri di ulu hati, dan dada terasa panas.

Baca Juga: Bahannya Mudah Didapat! Ini 4 Rempah-Rempah yang Efektif Meredakan Asam Lambung  

Umumnya, penderita asam lambung akan mengonsumsi obat resep dokter untuk mengatasi penyakitnya. 

Para ahli kesehatan menyarankan penderita asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung asam. Alasannya, makanan tersebut bisa memperparah penyakit dan memicu naiknya kadar asam lambung. 

Namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa meredakan asam lambung. Dengan catatan Anda mengonsumsinya dengan cara yang benar serta tidak berlebihan. 

Berikut sayur dan buah yang efektif meredakan asam lambung: 

1. Mentimun 

Melansir dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5 karya Setiawan Dalimartha, mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral.  

Buah mentimun mengandung vitamin B dan C. selain itu mentimun bagian buahnya juga mengandung saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, fosfor, dan enzim pencernaan.  

Sedangkan mentimun bagian daunnya mengandung cucurbitacin C dan stigmasterol. Mentimun bagian bijinya banyak mengandung minyak lemak dan karoten.  

Untuk mengobati asam lambung, bagian mentimun yang dimanfaatkan adalah buahnya.  

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi dua potong mentimun segar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya dua jam sekali.

2. Pepaya 

Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung seperti panas di bagian perut atas sampai dada (heartburn).  

Manfaat pepaya sebagai obat asam lambung sudah diuji dalam sebuah penelitian. Dr George Herschell memberikan jus pepaya kepada 12 pasien asam lambung.  

Hasilnya, 10 pasien sembuh dari penyakitnya, satu orang merasa kondisinya lebih baik, dan satu pasien lainnya merasa kondisinya tidak membaik. 

3. Pokak 

Mengutip dari Surabaya.tribunnews.com, pokak mampu menetralkan asam lambung. Tidak hanya itu, pokak juga bisa mengobati masalah pencernaan lainnya seperti diare dan sakit perut. 

4. Kentang 

Hampir semua orang suka makan kentang. Ya, kentang selain lezat juga mengeyangkan karena mengandung karbohidrat tinggi.  Sekedar info, makan kentang setiap pagi bermanfaat menetralisir asam dalam perut.

5. Buah pir 

Buah pir memiliki rasa yang manis dan segar bila matang sempurna. Tidak hanya lezat, buah pir juga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.  
Menlansir dari Health.grid.id, pir mengandung pektin dan serat yang bisa mencegah naiknya asam lambung. 

Baca Juga: Boleh dan Amankah Nanas Dikonsumsi Penderita Asam Lambung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×