Bahannya Mudah Didapat! Ini 4 Rempah-Rempah yang Efektif Meredakan Asam Lambung

Rabu, 11 Mei 2022 | 15:35 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Bahannya Mudah Didapat! Ini 4 Rempah-Rempah yang Efektif Meredakan Asam Lambung

ILUSTRASI. Jahe merah bisa membantu meredakan asam lambung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung tinggi bisa dipicu dari makanan bersifat asam dan penuh lemak. Ini rempah-rempah yang efektif meredakan asam lambung.   

Asam lambung merupakan kondisi asam lambung bocor dan naik ke kerongkongan yang menyebabkan sensasi terbakar di saluran makanan.

Baca Juga: Boleh dan Amankah Nanas Dikonsumsi Penderita Asam Lambung?    

Mengutip dari NDTV, asam lambung dipicu oleh banyak faktor seperti waktu makan tidak teratur, postur tubuh setelah makan, konsumsi alkohol, merokok, konsumsi minuman berkafein. 

Umumnya, asam lambung diobati dengan minum obat resep dokter. Selain itu, mengubah gaya hidup dan menjaga pola makan bisa menjaga kadar asam lambung tetap stabil. 

Selain obat kimia, beberapa rempah-rempah berkhasiat meredakan asam lambung. Dengan catatan Anda mengonsumsinya dengan benar dan tidak berlebihan. 

Sebab, konsumsi rempah-rempah berlebihan bisa menaikkan kadar asam lambung.

Rempah-rempah penurun asam lambung

Berikut rempah-rempah yang efektif mengatasi asam lambung. 

1. Kunyit  

Mengutip dari Kompas.com, kunyit dipercaya efektif meredakan asam lambung Anda. 

Bagian yang digunakan sebagai obat herbal asam lambung adalah rimpang kunyit.  

Untuk merasakan manfaatnya, Anda tumbuk kunyit kering sampai menjadi bubuk. Setelah itu Anda seduh 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air hagat. 

2. Temulawak 

Mengutip buku berjudul Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit karya Efi Afifah, temulawak mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.        

Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan.  

Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung. 

3. Jahe merah 

Melansir dari Nakita.grid.id, jahe merah memiliki efek farmakologis antiinflamasi atau antiradang. Efek tersebut yang membuat jahe merah bisa menurunkan kadar asam lambung. 

Tidak hanya itu, jahe merah memiliki sifar gastroprotek yang berperan untuk melawan bakteri jahat penyebab asam lambung. 

4. Kayu manis 

Dalam sebuah penelitian dinyatakan kayu manis mampu menurunkan kadar asam dan pepsin dalam usus.  

Selain itu, bubuk kayu manis dipercaya bisa menurunkan kadar karbon dioksida di dalam perut yang membuat pencernaan bisa bekerja dengan baik. 

Anda bisa mengonsumsi salah satu dari keempat rempah-rempah di atas. Selama masa pengobatan, sebaiknya Anda menghindari makanan bersifat asam. 

Sekedar info, makanan asam bisa meningkatkan kadar asam lambung. 

Baca Juga: 11 Minuman yang efektif meredakan asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru