Buah-buahan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung & Cara Mengatasi Saat Kambuh

Jumat, 09 September 2022 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Buah-buahan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung & Cara Mengatasi Saat Kambuh


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar buah-buahan yang baik dan boleh dimakan penderita asam lambung. Selain itu, kenali pula cara mengatasi asam lambung yang naik hingga ke dada.

Asam lambung naik disebabkan oleh banyak hal salah satunya makanan. Ini sederet buah-buahan segar yang baik dan boleh dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman dan kesakitan saat kadar asam lambung naik. Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. 

Walaupun bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. 

Namun, untuk Anda yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya. Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. 

Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk menetralkan kadar asam lambung. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. 

Baca Juga: Makanan Penyebab Asam Lambung Naik & Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

5 Buah-buahan yang boleh dimakan penderita asam lambung

Penderita asam lambung memang tidak boleh sembarang makan buah-buahan. Sebab, beberapa jenis buah bisa memicu naiknya kadar asam lambung. 

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung antara lain sitrus seperti jeruk. Hal ini karena buah itu bisa memperparah asam lambung.

Namun, tidak sedikit buah yang bisa menurunkan asam lambung bila dimakan secara benar dan tidak berlebihan. 

Berikut buah-buahan yang boleh dimakan penderita asam lambung. 

1. Pepaya 

Buah pertama yang boleh dimakan penderita asam lambung adalah pepaya. Pepaya mengandung vitamin C, A, E, K, folat, magnesium, tembaga, antioksidan, kalisum, potasium, likopen, dan lutein.  Kandungan tersebut lah yang membuat pepaya mampu menurunkan asam lambung tinggi. 

2. Semangka 

Buah kedua yang boleh dimakan penderita asam lambung adalah semangka. Buah semangka tidak hanya baik dikonsumsi oleh mereka yang diet tapi juga yang menderita asam lambung. 

Semangka mengandung air yang bisa menetralkan asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung.  Tidak hanya itu semangaka mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

3. Apel merah 

Buah ketiga yang boleh dimakan penderita asam lambung adalah apel merah. Apel merah memiliki kadar asam yang rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.  Selain itu, apel merah mengandung kalsum, magnesium, dan kalium yang berperan untuk meredakan gejala asma lambung. 

4. Melon 

Melansir dari Kompas.com, buah melon baik dimakan oleh penderita asam lambung.  Melon kaya akan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. 

5. Pisang 

Buah kelima yang boleh dimakan penderita asam lambung adalah pisang. Buah pisang bisa menurunkan asam lambung tinggi.

Pisang juga bisa melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya kadar asam lambung. Selain itu, pisang juga mengandung pektin yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Walaupun kelima buah di atas boleh dimakan oleh penderita asam lambung, Anda sebaiknya tidak makan buah-buahan tersebut secara berlebihan. 

Cara mengatasi asam lambung

Selain makan buah-buahan di atas, ada cara lain mengatasi asam lambung yang naik ke dada. Dilansir dari Kompas.com, berikut cara mengatasi asam lambung naik ke dada secara alami:

1. Mengunyah permet karet

Cara pertama mengatasi asam lambung yang naik ke dada adalah mengunyah permen karet. Beberapa penelitian lama menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi keasaman di kerongkongan.

Permen karet yang mengandung bikarbonat dapat membantu menetralkan asam untuk mencegah naiknya asam lambung. Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan kerongkongan dari asam.

Namun, penelitian lebih mutakhir diperlukan untuk menentukan apakah mengunyah permen karet dapat membantu mengobati refluks asam atau meredakan gejala heartburn.

2. Tinggikan kepala di tempat tidur

Cara kedua mengatasi asam lambung yang naik ke dada adalah meninggikan kepala di tempat tidur. Beberapa orang mengalami gejala refluks pada malam hari, yang dapat memengaruhi kualitas tidur dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

Mengubah posisi tidur Anda dengan meninggikan kepala di tempat tidur Anda dapat membantu mengurangi gejala refluks asam dan meningkatkan kualitas tidur. Satu ulasan dari empat penelitian menemukan bahwa meninggikan kepala tempat tidur menurunkan refluks asam dan memperbaiki gejala seperti heartburn dan regurgitasi pada orang dengan GERD.

3. Makan malam lebih awal

Cara ketiga mengatasi asam lambung yang naik ke dada adalah makan malam lebih awal. Profesional kesehatan sering menyarankan orang dengan refluks asam untuk menghindari makan dalam waktu 3 jam sebelum mereka tidur.

Itu karena berbaring secara horizontal setelah makan membuat pencernaan lebih sulit, yang tentunya berpotensi memperburuk gejala GERD. Menurut riset, makan larut malam meningkatkan paparan asam saat berbaring sebesar lima persen, dibandingkan dengan makan lebih awal di malam hari.

4. Tidur miring ke kiri

Cara keempat mengatasi asam lambung yang naik ke dada adalah tidur miring. Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur miring ke kanan dapat memperburuk gejala naiknya asam lambung di malam hari.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba berbaring miring ke kiri. Penelitian membuktikan bahwa tidur miring ke kiri dapat mengurangi paparan asam di kerongkongan hingga 71 persen.

Itulah daftar buah-buahan yang boleh dimakan penderita asam lambung, serta cara mengatasi asam lambung naik ke dada. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru