Makanan Penyebab Asam Lambung Naik & Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

Kamis, 08 September 2022 | 07:27 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Makanan Penyebab Asam Lambung Naik & Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

ILUSTRASI. Makanan Penyebab Asam Lambung Naik & Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali makanan penyebab asam lambung naik. Lalu pahami pula cara menurunkan asam lambung yang naik hingga ke dada secara alami.

Penderita asam lambung wajib menghindari sejumlah makanan yang menjadi pantangan. Pasalnya, makanan pantangan itu bisa menyebabkan asam lambung kambuh.

Namun, karena ketidaktahuan atau khilaf, terkadang penderita asam lambung lupa dengan makanan pantangan. Oleh karena itu, penting pula memahami cara menurunkan asam lambung yang naik hingga ke dada.

Asam lambung sebenarnya bukan penyakit berbahaya. Namun, jika asam lambung naik, menyebabkan kondisi tidak nyaman.

Saat asam lambung kambuh, perut terasa perih. Bahkan, jika asam lambung semakin parah menimbulkan rasa seperti terbakar di dada.

Dalam kondisi asam lambung naik, aktivitas pun terganggu. Pada malam hari, asam lambung yang naik menyebabkan kita tidak bisa tidur.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Penurun Asam Lambung yang Mudah Didapatkan

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, berikut makanan penyebab asam lambung naik atau kambuh yang harus dihindari:

1. Makanan tinggi lemak

Makanan pertama penyebab asam lambung naik atau kambuh adalah makanan tinggi lemak. Makanan yang digoreng dan berlemak dapat menyebabkan LES menjadi rileks, sehingga lebih banyak asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Makanan ini juga menunda pengosongan perut. Makan makanan berlemak tinggi bisa risiko naiknya asam lambung. Jadi, Anda disarankan untuk mengurangi asupan lemak harian. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, diantaranya: gorengan potongan daging penuh lemak makanan penutup, seperti es krim dan keripik.

2. Tomat dan buah sitrus

Makanan kedua penyebab asam lambung naik atau kambuh adalah buah tomat dan buah sitrus seperti jeruk. Buah-buahan dan sayuran penting memang penting untuk kesehatan Anda. Tetapi, beberapa jenis buah tertentu bisa memicu naiknya asam lambung dan memperburuk gejala GERD. Beberapa jenis buah tersebut, diantaranya jeruk, dan tomat.

3. Cokelat

Makanan ketiga penyebab asam lambung naik atau kambuh adalah cokelat. Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine. Methylxanthine telah terbukti mengendurkan otot polos di LES dan meningkatkan naiknya asam lambung.

4. Makanan pedas

Makanan keempat penyebab asam lambung naik atau kambuh adalah makanan pedas. Makanan pedas, seperti bawang merah dan bawang putih, memicu gejala heartburn yang merupakan salah satu gejala naiknya asam lambung.

Sedikit mencicipi makanan pedas mungkin tidak akan memicu naiknya asam lambung. Namun, mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak bisa memicu naiknya asam lambung. Jadi, sebaiknya Anda mulai berhati-hati dengan apa yang Anda konsumi agar asam lambung Anda tidak kambuh.

Cara menurunkan asam lambung secara alami

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, ada beberapa cara menurunkan asam lambung secara alami. Berikut cara menurunkan asam lambung secara alami:

Apel, Anggur, Pisang

Jika Anda mencari cara menurunkan asam lambung, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi beberapa jenis buah. Mulai dari apel, anggur, hingga pisang. Selain itu, mengonsumsi apel, anggur, dan pisang juga efektif mengatasi heartburn dan gejala asam lambung tinggi yang lain.

Nanas

Mengutip dari Rocky Mountain Health Plans (rmhp.org), nanas berguna untuk menurunkan asam lambung yang terlalu tinggi. Jenis buah itu mengandung enzim bromelain yang efektif menurunkan jumlah asam hidroklorik di lambung. Jika heartburn mulai terasa, cobalah untuk mengatasinya dengan minum jus nanas.

Air

Jika asam lambung naik secara tiba-tiba, cobalah untuk minum banyak air putih. Selain itu, usahakan untuk berdiri tegak. Tujuannya agar makanan yang Anda konsumsi dan asam lambung tak naik ke saluran pencernaan atas.

Buttermilk

Cara menurunkan asam lambung juga bisa dengan mengonsumsi buttermilk, lo. Selain mengonsumsi buttermilk, produk olahan susu yang lain, seperti yogurt, juga bisa Anda jadikan pilihan. Jika Anda bingung memilih bahan mana yang perlu Anda konsumsi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Ini tanda Anda perlu berhenti mengonsumsi makanan pedas

Daun Kemangi

Makan daun kemangi bisa jadi cara menurunkan asam lambung.

Jika Anda mulai mengalami tanda-tanda asam lambung naik, cobalah untuk segera mengonsumsi daun kemangi. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi langsung atau merebusnya dulu dalam segelas air. Konsumsi air rebusan itu supaya asam lambung mereda.

Baking Soda

Bahan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan asam lambung adalah baking soda. Baking soda mengandung antasida alami yang mampu menetralkan asam lambung berlebih. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur 1 sdt baking soda dalam segelas air. Aduk rata lalu minum air tersebut. Meski bisa menyembuhkan asam lambung, sebaiknya jangan konsumsi baking soda terlalu sering. Rocky Mountain Health Plans mengatakan bahwa baking soda mengandung banyak garam yang justru menimbulkan mual.

Itulah makanan penyebab asam lambung naik atau kambuh dan cara menurunkan asam lambung secara alami. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru