​Bolehkah minum susu dicampur teh? Ini penjelasannya

Jumat, 18 Desember 2020 | 11:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Bolehkah minum susu dicampur teh? Ini penjelasannya

ILUSTRASI. Bubble tea

KONTAN.CO.ID - Teh susu atau dikenal sebagai milk tea menjadi minuman favorit bagi banyak orang. Minuman ini juga menjadi populer di kalangan milenial. 

Saat ini banyak kedai milk tea dengan berbagai merek dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan maupun di pinggir jalan. Harga dan rasanya pun bervariasi bahkan ada yang ditambahkan bubble sebagai pelengkapnya. Selain itu, kedua jenis minuman ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Meski demikian, bolehkah minum susu dicampur teh? 

Baca Juga: Sebaiknya Anda hindari, berikut 5 larangan saat haid

Bolehkah minum susu dicampur teh?

Minum susu campur teh bolehkah?

Teh dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam teh dapat membantu pencegahan penyakit kanker.  

Dirangkum dari laman NDTV Food, minum susu dicampur teh dapat mengganggu sistem antioksidan catechin dan epicatechin yang terkandung dalam teh. Selain itu, menurut Macrobiotics Health Coach, Shilpa Arora, susu membuat teh menjadi asam. 

Teh memiliki antioksidan catechin dan epicatechin yang kuat, tetapi menambahkan susu mengurangi jumlah antioksidan ini sehingga minuman sehat ini menjadi sumber peradangan dan keasaman.

Untuk itu, tidak disarankan meminum susu dicampur teh terutama di pagi hari.  Meminum teh susu di pagi hari dapat mengganggu aktivitas metabolisme, membuat tubuh dehidrasi, mengikis kesehatan mulut, dan bisa menyebabkan kembung.

Baca Juga: Hati-hati, makanan ini bikin jerawat di wajah

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru