Tips Sehat

Bisa turunkan berat badan, berikut jenis teh yang jadi minuman diet alami

Kamis, 09 Juli 2020 | 12:37 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Bisa turunkan berat badan, berikut jenis teh yang jadi minuman diet alami

ILUSTRASI. Selain teh hijau, ada jenis teh lain yang bisa jadi minuman diet alami. REUTERS/Shamil Zhumatov/Illustration

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teh merupakan minuman yang punya banyak penggemar di seluruh dunia. Apalagi, khasiatnya sangat banyak. Itulah mengapa teh menjadi minuman diet alami.

Melansir Byrdie.com, menurut penelitian pada 2018 lalu, salah satu jenis teh, yaitu teh hijau, terbukti mampu menurunkan berat badan seseorang. Sebab, teh hijau memiliki kandungan antioksidan.

Kandungan itulah yang membantu terjadinya termogenesis atau proses pembakaran lemak dalam tubuh. Teh hijau bisa mengoksidasi lemak dan mengurangi penyerapan lemak dalam sistem pencernaan. 

Meski demikian, konsumsi teh hijau tidak boleh berlebihan, ya. Mengutip Byrdie.com, sebaiknya meminum teh hijau Anda barengi dengan kebiasaan sehat untuk mengurangi berat badan.

Baca Juga: Begini cara konsumsi madu yang baik untuk kesehatan tubuh Anda

Teh lain untuk minuman diet alami

Selain teh hijau, masih banyak jenis teh lain yang bisa Anda pakai untuk minuman diet alami. White tea menjadi pilihan jenis teh yang bisa Anda coba.

Berbeda dengan jenis teh pada umumnya, white tea dipanen dan dikeringkan di bawah sinar matahari terlebih dahulu sebelum disajikan.

Mengutip Lifehack.org, sebuah hasil penelitian yang terbit di Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan, white tea memiliki dampak baik terhadap penurunan berat badan.

White tea memiliki banyak kandung EGCG atau epigallocatechin gallate. Kandungan itu bisa mencegah terbentuknya sel lemak. Karena sel lemak tidak banyak terbentuk, maka berat badan bisa berkurang.

Baca Juga: Wow! Ini loh manfaat teh lemon untuk kesehatan tubuh Anda

Kandungan EGCG dalam white tea juga terbukti mampu meningkatkan metabolisme lemak dan meningkatkan energi. Sehingga, proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat.

Minuman diet alami selanjutnya yang bisa Anda jajal adalah black tea. Bisa dikatakan, black tea lebih baik dibandingkan dengan teh hijau. Hasil penelitian yang Byrdie.com kutip menunjukkan, black tea bekerja di usus untuk mencegah penyerapan lemak.

Sebenarnya, baik teh hijau, white tea, atau black tea, cukup ampuh untuk Anda gunakan sebagai minuman diet alami. Soalnya, teh-teh tersebut tidak mengandung kalori sama sekali.

Teh juga bisa Anda pakai untuk menghidrasi tubuh. Dibanding mengonsumsi minuman manis, lebih baik ubah kebiasaan itu dengan minum teh.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru