kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Redakan Gejala, Ini 8 Buah yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung


Senin, 30 Januari 2023 / 04:16 WIB
Bisa Redakan Gejala, Ini 8 Buah yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bagi penderita asam lambung, tentu ada buah yang harus dipantang. Sebab, sembarangan mengkonsumsi makanan bisa berakibat fatal bagi lambung.  

Beberapa buah memiliki cita rasa asam yang bisa memperparah gejala penyakit asam lambung. Misalnya, buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. 

Namun, masih banyak buah yang boleh dimakan penderita asam lambung. Bahkan, beberapa buah turut membantu meredakan gejala asam lambung. 

Penyakit asam lambung sendiri merupakan kondisi saat cairan asam lambung berulang kali naik ke kerongkongan atau esofagus. 

Dikutip dari laman Mayo Clinic, penyakit asam lambung terjadi karena katup di ujung lambung tak berfungsi, sehingga cairan asam naik dan mengiritasi dinding kerongkongan. 

Lantas, mana saja buah yang boleh dimakan penderita asam lambung? 

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Hilang dengan 8 Vitamin Ini, Salah Satunya Vitamin B

Buah untuk penderita asam lambung 

Menurut laman Health Central, penderita asam lambung harus memilih buah dengan pH tinggi dan tidak terlalu asam. Dalam kimia, pH adalah ukuran seberapa asam atau basa sesuatu, termasuk makanan. 

Adapun bagi pemilik asam lambung, berikut beberapa buah pH tinggi yang membantu menurunkan asam lambung: 

1. Pepaya 

Pepaya adalah salah satu buah yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung sekaligus mudah ditemui. Buah ini tidak termasuk buah dengan pH terlalu asam, serta mengandung sejumlah nutrisi baik, seperti karoten dan vitamin C. 

Selain itu, seperti dilansir laman Siloam Hospitals, konsumsi pepaya sangat direkomendasikan untuk pemilik asam lambung karena adanya kandungan enzim papain. 

Enzim papain bermanfaat melancarkan proses pencernaan sekaligus mempermudah penguraian protein, sehingga protein lebih mudah dipecah menjadi asam amino. 

2. Kelapa 

Manfaat kelapa bagi kesehatan telah santer terdengar. Buah ini membantu meningkatkan fungsi otak serta melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung dan stroke. 

Buah kepala, baik daging maupun airnya juga bukan golongan asam, sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung. Air kelapa juga bisa menjaga suhu tubuh tetap normal, serta menghambat peradangan pada lambung. 

Belum lagi kandungan mineral kalium dan berbagai senyawa yang turut meningkatkan kelancaran sistem pencernaan. 

Baca Juga: Kendalikan Asam Urat dalam Tubuh dengan 5 Vitamin Ini




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×