kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa pakai bahan alami, ini 5 cara mengatasi sembelit


Senin, 12 Juli 2021 / 14:04 WIB
Bisa pakai bahan alami, ini 5 cara mengatasi sembelit
ILUSTRASI. Beberapa bahan alami dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi sembelit.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sembelit biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan kebiasaan merokok. Cara mengatasi sembelit perlu segera Anda lakukan agar sistem pencernaan tetap sehat.

Ada banyak obat apotek yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun, memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa Anda coba. Dengan pemakaian rutin, beberapa jenis bahan alami dapat mengobati sembelit dengan baik.

Meski mudah dilakukan, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan berkonsultasi, risiko efek samping yang tidak Anda inginkan dapat berkurang.

Konsumsi pisang

Laman Seniority merekomendasikan pisang sebagai obat sembelit. Alasannya, pisang mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, mengonsumsi pisang juga mampu menstimulasi bakteri baik dalam saluran pencernaan Anda.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi asam lambung ini pakai bahan alami, lo

Kismis

Cara mengatasi sembelit juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kismis, lo. Jenis asam dan serat yang terkandung dalam jenis buah kering itu mampu menstimulasi keinginan untuk buang air besar.

Supaya efeknya lebih terasa, tak ada salahnya untuk mengkombinasikan kismis dengan yogurt.

Biji wijen

Tahukah Anda bahwa biji wijen dapat Anda gunakan untuk mengobati sembelit? Mengutip dari Seniority, kandungan minyak dalam bahan alami itu dapat melembabkan usus dengan baik. Artinya, feses bisa keluar dari saluran pencernaan dengan lebih mudah.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi biji wijen. Misalnya, campurkan biji wijen pada sereal. Mengkombinasikan biji wijen dengan salad yang Anda konsumsi juga bisa jadi salah satu pilihan yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat herbal ambeien yang bisa Anda coba

Kopi

Minum kopi termasuk salah satu cara mengatasi sembelit.

Jika Anda mencari cara mengatasi sembelit, tak ada salahnya untuk mengonsumsi kopi. Kandungan dalam kopi akan menstimulasi usus besar sehingga keinginan untuk buang air besar pun datang.

Tapi, pastikan untuk tidak mengonsumsi kopi terlalu banyak karena dapat mendatangkan efek samping.

Lemon

Bahan alami lain yang berguna untuk menyembuhkan sembelit adalah lemon. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon efektif menstimulasi sistem pencernaan.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi lemon juga bisa memperbanyak jumlah zat racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

Selanjutnya: Inilah obat herbal untuk menyembuhkan perut kembung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×