4 Rekomendasi obat herbal ambeien yang bisa Anda coba

Senin, 05 Juli 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat herbal ambeien yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Ada banyak obat herbal ambeien yang dapat Anda jadikan pilihan.

KONTAN.CO.ID - Ambeien atau wasir adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal itu. Salah satunya, dengan mengonsumsi obat herbal ambeien.

Melansir LA Peer Health System, ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami inflamasi atau pembengkakan. Selain menimbulkan rasa sakit, masih ada gejala ambeien lain yang dapat Anda rasakan.

Mulai dari rasa gatal di sekitar ambeien hingga terjadi pendarahan. Untuk menghindari hal lain yang lebih serius, cobalah untuk segera mengonsumsi bahan-bahan berikut. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dalam pengawasan dokter, ya.

Lidah buaya

Obat herbal ambeien pertama yang bisa Anda gunakan adalah lidah buaya. Antiinflamasi yang terdapat dalam lidah buaya efektif meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa gatal dan sensasi terbakar akibat ambeien.

Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam lidah buaya juga mampu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih terlindungi dari infeksi. Anda perlu mendinginkan gel lidah buaya dulu lalu gunakan pada ambeien.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?

Es batu

Es batu dapat Anda manfaatkan sebagai obat herbal ambeien.

Es batu juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan ambeien, lo. Selain mengurangi pembengkakan, suhu dingin yang keluar dari es batu berguna untuk memberikan efek mati rasa sehingga Anda tak terlalu merasakan sakit akibat ambeien.

Tea tree oil

Jika Anda mencari cara mengatasi ambeien, tak ada salahnya untuk memakai tea tree oil. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur dua tetes tea tree oil dengan 1 sdt minyak jarak. Aplikasikan campuran itu sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab ambeien yang sebaiknya Anda hindari

Minyak kelapa

Minyak kelapa jadi obat herbal ambeien lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Sama seperti bahan alami yang lain, minyak kelapa mengandung antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

LA Peer Health System menyebutkan, minyak kelapa mengandung antibakteri. Artinya, minyak kelapa mampu menjaga kebersihan area ambeien dan menurunkan risiko infeksi.

Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada ambeien selama 5-10 menit sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Selanjutnya: Ramuan herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi, bahannya mudah didapat lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru