kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa pakai bahan alami, cek 4 cara mengobati sinusitis ini


Senin, 16 Agustus 2021 / 11:21 WIB
Bisa pakai bahan alami, cek 4 cara mengobati sinusitis ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinus yang Anda miliki bisa mengalami gangguan karena berbagai macam hal. Mulai dari infeksi bakteri, alergi, dan lain sebagainya. Supaya kondisi kesehatan Anda tak memburuk, ada beberapa cara mengobati sinusitis yang bisa Anda coba.

Jika tak segera Anda atasi, sinus bisa menyebabkan masalah yang lebih parah. Misalnya, sakit kepala, sesak napas, mendengkur, hingga peradangan pada bagian otak. Nah, untuk menghindari kondisi-kondisi tersebut, beberapa cara dalam artikel ini bisa Anda praktikkan.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bersifat sementara, ya. Apabila kondisi Anda semakin buruk dan gejala sinus tak berkurang, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan jenis perawatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Konsumsi Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang bisa mengatasi penyumbatan pada sinus. Mengutip dari NDTV Food (ndtv.food.com), manfaat kunyit itu berasal dari kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Anda hanya perlu minum air jahe yang dicampur dengan 1 sdt madu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi hidung tersumbat ini mudah dicoba, lo

Hindari Dehidrasi

Cara mengobati sinusitis berikutnya adalah dengan menghindari dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan. Cobalah untuk minum air putih, teh herbal, atau jus tanpa pemanis. Cairan yang masuk dalam tubuh Anda akan mengencerkan lendir sehingga penyumbatan di sinus bisa berkurang.

Konsumsi Sup

Tahukah Anda bila mengonsumsi sup bisa jadi salah satu cara mengobati sinusitis? Sup biasanya terbuat dari bahan-bahan bergizi. Nah, bahan bergizi itulah yang bisa menyembuhkan sinusitis. Supaya efeknya lebih terasa, cobalah untuk mengonsumsi sup dalam keadaan hangat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan sakit kepala ini mudah dipraktikkan

Minum Cuka Apel

Minum cuka apel bisa jadi cara mengobati sinusitis.

Bahan alami lain yang direkomendasikan NDTV Food untuk menyembuhkan sinusitis adalah cuka apel. Selain mengurangi lendir yang menumpuk di bagian sinus, rutin mengonsumsi cuka apel juga efektif mengurangi tekanan sehingga sakit kepala dapat berkurang.

Anda bisa minum 1 sdt cuka apel secara langsung sebanyak tiga kali sehari. Namun, jika rasanya terlalu kuat, tak ada salahnya untuk mencampur 2-3 sdm cuka apel dalam segelas air hangat terlebih dahulu. Minum air tersebut tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: Ini cara membedakan sinusitis dengan gejala Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×