Bisa menyehatkan jantung, inilah 6 manfaat minyak ikan

Senin, 30 November 2020 | 14:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa menyehatkan jantung, inilah 6 manfaat minyak ikan

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat minyak ikan yang berguna untuk kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara mengonsumsi minyak ikan adalah dengan meminumnya dalam bentuk suplemen. Ada banyak manfaat minyak ikan yang bisa Anda dapatkan

Minyak ikan memiliki banyak kegunaan untuk menyehatkan tubuh. Berikut manfaat minyak ikan yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya secara rutin:

Meredakan peradangan

Melansir dari Health, ekstrak minyak yang berasal dari lemak ikan sardin, teri, dan makarel yang mengandung dua jenis asam lemak omega-3. Yakni, eicosapentaenoic acid dan docosahexaenoic acid.

Kedua tipe asam lemak tersebut berguna untuk meredakan peradangan dalam tubuh. Jika tak ditangani dengan benar, peradangan bisa menyebabkan kemunculan tanda-tanda penuaan dini dan jenis penyakit lain.

Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi minyak ikan secara rutin.

Baca Juga: Mineral dan vitamin penambah nafsu makan ini wajib dicoba agar tak mudah sakit

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak ikan lain yang bisa Anda dapatkan adalah kesehatan jantung bisa terjaga. Minyak ikan mampu meningkatkan lemak sehat atau lemak HDL, menurunkan trigliserida dan tekanan darah, serta mencegah pembentukan plak di arteri.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kepadatan tulang bisa berkurang saat ada ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3. Minyak ikan berguna untuk menambah jumlah asam lemak omega-3 sehingga ketidakseimbangan tersebut bisa diatasi dengan baik.

Menjaga kesehatan mata

Minyak ikan juga berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dikutip dari Health, risiko penyakit degenerasi makular yang berhubungan dengan usia bisa turun saat Anda mengonsumsi minyak ikan secara rutin.

Penyakit tersebut mampu membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efek minyak ikan itu.

Baca Juga: 3 Makanan penurun kolesterol, cocok untuk menghindari penyakit jantung

Menurunkan risiko asma

Bagi wanita hamil, ada baiknya untuk mengonsumsi minyak ikan di samping mengonsumsi makanan bergizi lainnya. Minyak ikan mampu menurunkan risiko penyakit asma dan alergi pada anak.

Meski demikian, Anda tak boleh sembarangan mengonsumsi minyak ikan. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter agar kondisi kesehatan Anda atak berbahaya.

Meningkatkan performa kognitif otak

Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah performa kognitif otak bisa meningkat. Menurut sebuah penelitian, kemampuan kognitif orang dewasa berusia 51 hingga 72 tahun meningkat setelah mengonsumsi minyak ikan selama lima minggu.

Selanjutnya: Manfaat mengkonsumsi ikan pada kesehatan dan kecantikan kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru