Bisa menurunkan berat badan, inilah 5 manfaat kacang almond untuk kesehatan

Jumat, 18 Desember 2020 | 10:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa menurunkan berat badan, inilah 5 manfaat kacang almond untuk kesehatan

ILUSTRASI. Salah satu manfaat kacang almond adalah menurunkan tekanan darah tinggi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat kacang almond berasal dari kandungan serat, karbo, dan protein. Dengan menegonsumi kacang almond secara rutin, kesehatan jantung dan otak Anda akan terjaga. Tak hanya itu, kacang almond juga bisa menurunkan berat badan, mengontrol gula darah dalam tubuh, dan lain-lain.

Meredakan Peradangan

Peradangan dalam tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada banyak hal yang bisa terjadi ketika tubuh mengalami inflamasi. Mulai dari obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Untuk mencegah terjadinya hal itu, cobalah untuk mengonsumsi kacang almond secara rutin.

Kacang almond mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa meredakan inflamasi. Asam oleat yang berperan sebagai antiinflamasi juga bisa Anda temukan dalam jenis kacang ini. Kandungan-kandungan itu mampu menurunkan stres oksidatif sehingga peradangan tak semakin parah.

Menurunkan Risiko Kanker

Mengutip dari Perfect Keto (perfectketo.com), mengonsumsi kacang almond menurunkan risiko kanker sebanyak tiga kali lipat. Manfaat kacang almond itu berasal dari kandungan vitamin E. Beberapa jenis kanker yang risikonya bisa menurun adalah kanker usus dan kanker prostat.

Baca Juga: Bagus untuk kesuburan dan ibu hamil, ini 4 manfaat kacang hijau untuk tubuh

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya. Dengan mengonsumsi minimal 50 g kacang almond per hari, tekanan darah sistolik Anda bisa menurun.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang kekurangan magnesium bisa meningkatkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi kacang almond, hal itu bisa dicegah karena jenis kacang ini mampu memenuhi 20% kebutuhan magnesium harian Anda.

Kaya Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat, seperti kacang almond, dapat membantu Anda mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Dalam satu porsi kacang almond, Anda bisa mendapat 3 g serat sehingga sisa makanan yang sudah dicerna bisa dikeluarkan dengan mudah.

Baca Juga: 4 Pilihan makanan sehat untuk jantung ini layak Anda konsumsi

Tak hanya itu, serat dari kacang almond juga baik untuk bakteri dalam usus. Melansir Perfect Keto, wanita yang mengonsumsi 56 g kacang almond tiap hari selama delapan minggu mengalami peningkatan Lactobacillus dalam usus. Dengan begitu, sistem imun tubuh Anda juga ikut meningkat.

Menekan Nafsu Makan

Kacang almond mengandung banyak serat dan protein. Kandungan itu mampu menekan nafsu makan Anda sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Artinya, keinginan untuk makan berlebih pun menurun. Dengan begitu, berat badan Anda bisa turun dan lebih terkontrol.

Selanjutnya: 4 Manfaat kacang merah terbaik untuk kesehatan Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru