Bisa menjaga gula darah tetap normal, ini kacang yang aman untuk penderita diabetes

Rabu, 29 September 2021 | 11:00 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Bisa menjaga gula darah tetap normal, ini kacang yang aman untuk penderita diabetes

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes boleh mengonsumsi kacang-kacangan asalkan dalam porsi terukur. Bisa menjaga kadar gula darah tetap normal, ini kacang-kacangan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. 

Diabetes, penyakit yang umum diderita masyarakat di tanah air dan sejumlah negara lainnya. 

Baca Juga: Lezat dan segar, bolehkah penderita diabetes mengonsumsi mangga?

Diabetes muncul karena banyak faktor beberapa diantaranya seperti keturunan, gaya hidup yang buruk, dan sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. 

Para penderita diabetes wajib melakukan diet sehat untuk membantu mengelola kadar gula darah serta mengurangi risiko komplikasi. 

American Diabetes Association menyebutkan beberapa jenis kacang-kacangan baik dikonsumsi penderita diabetes. 

Mangapa kacang baik untuk penderita diabetes? 

Kacang mengandung lemak tak jenuh yang berperan mendukung pertumbuhan sel dan melindungi organ, termasuk jantung. 

Tidak hanya itu, kacang juga kaya akan kandungan protein, serat, vitamin E, folat, tiamin, potasium, magnesium, karotenoid, antioksidan, dan pitosterol.

Perlu Anda ketahui, tidak semua jenis kacang baik untuk penderita diabetes. Kacang asin bisa memperburuk kondisi penderita diabetes, sebab dapat meningkatkan risiko komplikasi. 

Berikut empat jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi penderita diabetes yang dikutip dari Medical News Today. 

1. Kacang almond 

Sebuah penelitian 2011 menemukan bahwa memasukkan kacang almond ke dalam makanan penderita diabetes tipe II selama 12 minggu bisa berpengaruh positif terhadap gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Sebuah penelitian yang lebih baru menyebutkan konsumsi kacang almond selama 24 minggu secara rutin bisa membantu mengontrol kadar gula darah para penderita diabetes tipe II serta mengurangi risiko penyakit jantung. 

Asal tahu saja, kacang almond berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

2. Kacang mede

Kacang mede bisa membantu meningkatkan rasio HDL serta menurunkan risiko penyakit jantung. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 dengan melibatkan 300 penderita diabetes tipe II dinyatakan diet yang diperkaya dengan kacang mede tidak mempengaruhi kadar gula darah. 

Bahkan konsumsi kacang mede secara rutin selama 12 minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik. 

3. Kacang pistachio 

Kacang ini dikenal kaya serat dan padat energi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu menyatakan penderita diabetes tipe II yang mengonsumsi kacang pistachio secara rutin selama bempat minggu mengalami penurunan kadar trigliserida, meningkatnya kesehatan jantung, serta menurunnya kadar kolesterol jahat. 

4. Kacang tanah 

Jenis kacang terakhir yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah kacang tanah. 

Sekedar info, kacang tanah merupakan sumber protein dan serat yang baik. Kacang tanah pun bisa membantu menurunkan berat badan serta menurunkan risiko penyakit jantung 

Sebuah penelotian yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan penderita diabetes tipe II yang menjalankan diet dengan menambahkan kacang tanah bisa membantu mengontrol nafsu makan, kadar gula darah, menurunkan berat badan, serta memiliki dampak signifikan pada risiko diabetes. 

Baca Juga: Kolesterol melonjak naik? Ini 5 wedang herbal yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi

Selanjutnya: Begini cara konsumsi kunyit yang benar untuk menurunkan berat badan

 

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru