Bisa meningkatkan imun tubuh, berikut 4 manfaat daun sirsak

Jumat, 10 September 2021 | 21:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa meningkatkan imun tubuh, berikut 4 manfaat daun sirsak

KONTAN.CO.ID - Jika Anda penggemar tanaman herbal, maka air rebusan daun sirsak tak boleh Anda lupakan. Berbagai macam manfaat daun sirsak berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Tentu saja, Anda perlu mengonsumsinya secara teratur.

Khasiat daun sirsak yang pertama adalah bahan alami itu cocok dijadikan cara meningkatkan imun tubuh. Apalagi di masa pandemi saat ini, memiliki sistem imun yang kuat merupakan salah satu hal penting untuk menghindari banyak penyakit.

Daun sirsak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya tetap kuat. Mulai dari antioksidan, vitamin C, hingga antimikroba. Cobalah untuk rutin mengonsumsi bahan alami itu supaya kesehatan tubuh selalu terjaga.

Tak hanya menjaga sistem imun tubuh, masih banyak khasiat lain yang dimiliki daun sirsak. Namun, usahakan untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Terlebih bagi Anda dengan kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: 6 Infused water untuk diet ini mudah dibuat, apa saja?

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Apakah Anda sering mengalami masalah pada sistem pencernaan, misalnya, sembelit? Jika iya, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi daun sirsak. Freshly Rooted Tribe menyebutkan, daun sirsak mengandung banyak serat.

Dalam satu gelas daun sirsak, Anda bisa mendapat sekitar 7,4 gram serat yang mampu memenuhi kebutuhan serat per hari. Selain jadi obat sembelit, kandungan serat itu juga bisa memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, Anda menjadi tak mudah lapar.

Tidak berhenti sampai di situ, daun sirsak mengandung antivirus dan antiparasit yang mencegah infeksi pada saluran pencernaan. Bahan alami itu juga mampu mengeluarkan lebih banyak racun dari tubuh sehingga kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, daun sirsak bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Alasannya, daun sirsak kaya akan kalium.

Setelah mengonsumsi daun sirsak secara teratur, tekanan darah menjadi lebih stabil sehingga risiko penyakit jantung dapat Anda hindari.

Manfaat daun sirsak juga berasal dari kemampuannya menambah jumlah zat besi dalam tubuh. Saat hal itu terjadi, sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga detak jantung Anda pun menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: 5 Manfaat superfood daun kelor, bisa menurunkan gula darah

Meredakan inflamasi

Salah satu manfaat daun sirsak adalah meredakan inflamasi.

Asma, diabetes, artritis, dan jenis penyakit lain bisa menyebabkan inflamasi dalam tubuh. Jika terus dibiarkan, inflamasi bisa menyebabkan masalah serius. Nah, salah satu manfaat daun sirsak adalah meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh Anda.

Mencegah kanker

Ada banyak orang yang percaya bahwa daun sirsak bisa menurunkan risiko pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Sayangnya, Freshly Rooted Tribe menyebutkan, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Selanjutnya: Awas! Ini efek samping teh untuk kesehatan, salah satunya bikin sulit tidur

Editor: Belladina Biananda
Terbaru