kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa jadi penyebab kanker prostat, kurangi konsumsi bahan makanan ini


Kamis, 11 November 2021 / 06:09 WIB
Bisa jadi penyebab kanker prostat, kurangi konsumsi bahan makanan ini
ILUSTRASI. daging merah, termasuk bahan makanan penyebab kanker prostat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kanker prostat. Termasuk sejumlah bahan makanan, juga bisa menjadi faktor penyebab kanker prostat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi sejumlah bahan makanan yang menjadi penyebab kanker prostat. Lalu, apa saja makanan yang bisa menjadi penyebab kanker prostat?

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Penyakit kanker prostat tengah menjadi pembicaraan setelah asisten pribadi Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menderita kanker prostat.

Kini, SBY tengah menjalani pengobatan penyakit kanker prostat di Amerika Serikat. Hal itu dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari tim dokter.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Gejala awal kanker ini seringkali tidak terlihat sehingga banyak orang mengalami komplikasi serius akibat penanganan yang terlambat.

Baca juga: Staf pribadi ungkap kondisi kesehatan SBY terkini

Kabar baiknya, kanker prostat bisa dicegah dengan mengatur pola makan. Ada beberapa jenis makanan yang perlu kita hindari untuk mencegah risiko kanker prostat. Berikut jenis makanan yang bisa menjadi penyebab kanker prostat:

1. Daging merah

Bahan makanan pertama yang perlu dihindari karena bisa menjadi penyebab kanker prostat adalah daging merah. Mengonsumsi daging merah, terutama yang dimasak terlalu lama, bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

Sebab, daging yang dimasak mengandung amina heterosiklik (HCA) yang bisa memicu perkembangan sel kanker. HCA adalah senyawa yang terbentuk selama memasak suhu tinggi seperti memanggang.

2. Produk susu

Bahan makanan kedua yang perlu dihindari karena bisa menjadi penyebab kanker prostat adalah produk susu. Mengkonsumsi produk susu dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, minum susu dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat yang sangat tinggi. Cobalah untuk membatasi konsumsi susu. Paling tidak, pilih susu bebas lemak dan rendah lemak karena bisa lebih membantu menjaga kesehatab prostat.

3. Lemak jenuh

Bahan makanan ketiga yang perlu dihindari karena bisa menjadi penyebab kanker prostat adalah lemak jenuh. Lemak jenuh tak hanya memicu penyakit jantung tetapi juga bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara asupan lemak jenuh dan risiko kanker prostat lanjut. Karena itu, kurangi asupan lemak jenuh untuk menjaga kesehatan prostat dan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mencegah kanker prostat, Anda bisa melakukan tips berikut:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • Rutin olahraga
  • Jaga berat badan ideal
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Itulah berbagai macam penyebab kanker prostat dan cara mencegah kanker prostat. Semoga kita selalu sehat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Cegah Kanker Prostat",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: SBY sakit kanker prostat, kenali tanda, penyebab dan cara mencegahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×