Bisa jadi penurun berat badan, ini 4 manfaat saffron untuk kesehatan

Kamis, 25 Februari 2021 | 07:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi penurun berat badan, ini 4 manfaat saffron untuk kesehatan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat saffron dengan mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda mengenal saffron? Saffron atau Bunga Kuma-Kuma adalah salah satu jenis rempah yang digunakan dalam banyak hidangan. Tak hanya itu, manfaat saffron juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), ada banyak nutrisi dalam saffron yang berperan sebagai antioksidan. Artinya, serangan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan banyak penyakit bisa diatasi secara optimal.

Salah satu jenis antioksidan bernama kaempferol berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda. Mulai dari menurunkan inflamasi atau peradangan, berperan sebagai antidepresan, dan bisa dimanfaatkan sebagai antikanker. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari saffron.

Mengatasi Depresi

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 30 mg saffron tiap hari sama efektifnya dengan mengonsumsi beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi depresi. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian yang melibatkan manusia untuk benar-benar membuktikan efek tersebut.

Baca Juga: 5 Makanan yang mengandung vitamin E, cocok jadi peningkat imun tubuh

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat saffron selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh Anda adalah kandungan antioksidannya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah penelitian, kandungan dalam saffron bisa membunuh dan mencegah sel kanker di usus.

Hal yang sama juga terjadi di tulang, paru-paru, payudara, serviks, atau bagian tubuh yang lain. Tak hanya itu, saffron juga bisa meningkatkan sensitivitas sel kanker terhadap kemoterapi sehingga pengobatan kanker bisa berjalan lebih efektif.

Mengatasi PMS

Salah satu manfaat saffron adalah mengatasi PMS.

Ada banyak wanita yang sering mengalami gejala PMS, seperti nyeri haid. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kondisi itu bisa diatasi dengan mengonsumsi saffron secara rutin. Melansir Healthline, wanita berusia 20-45 tahun yang mengonsumsi 30 mg tiap hari mengalami penurunan gejala PMS.

Baca Juga: Pilihan buah untuk diet, ada apa saja?

Penurun Berat Badan

Manfaat saffron yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu cocok jadi penurun berat badan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama delapan minggu, partisipan yang mengonsumsi saffron merasa lebih kenyang dan mengonsumsi camilan lebih sedikit.

Dengan begitu, berat badan pun turun lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi saffron secara rutin. Cara menurunkan berat badan juga bisa Anda maksimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga.

Selanjutnya: Saffron, rempah termahal di dunia yang kaya manfaat bagi kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru