Bisa jadi obat tidur, Anda bisa coba 5 makanan dari bahan alami ini

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi obat tidur, Anda bisa coba 5 makanan dari bahan alami ini


KONTAN.CO.ID - Sulit tidur atau insomnia bisa dialami oleh siapa saja. Biar kondisi itu tak bertambah parah dan tidak memicu masalah kesehatan yang lain, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi obat tidur dari bahan alami.

Insomnia bisa terjadi karena banyak faktor. Mulai dari mengonsumsi terlalu banyak kafein, stres yang tidak terkelola dengan baik, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Nah, mengubah makanan yang Anda konsumsi sehari-hari bisa berdampak pada kemampuan Anda untuk tidur di malam hari.

Meski beberapa makanan di bawah ini bisa Anda konsumsi dengan mudah, jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi ke dokter, ya.

Jika insomnia yang Anda alami sudah sangat parah, biasanya dokter akan memberikan saran obat yang bisa membantu Anda mengatasi masalah itu.

Kale

Melansir American Sleep Association, kale bisa membantu Anda lebih cepat tidur di malam hari. jenis sayuran hijau itu dipenuhi dengan kalsium yang dapat menstimulasi hormon tidur. Dengan begitu, waktu istirahat di malam hari menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: Cara mengatasi insomnia, coba konsumsi 4 makanan ini

Telur

Gunakan telur sebagai obat tidur.

Telur juga bisa Anda manfaatkan untuk obat tidur, lo. Triptofan yang terkandung dalam telur bisa membuat Anda merasa mengantuk.

Cobalah untuk memasukkan telur dalam menu sarapan. Selain memperbaiki waktu istirahat di malam hari, nutrisi dalam telur juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Pisang

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi pisang bisa jadi salah satu cara cepat tidur? Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kalium.

Tidak hanya itu, pisang juga dipenuhi dengan magnesium dan triptofan yang membantu Anda terlelap lebih cepat.

Baca Juga: Obat asam urat alami ini bisa Anda temukan dengan mudah, lo

Yogurt

Yogurt berguna sebagai obat tidur.

Yogurt jadi bahan alami lain yang cocok Anda jadikan obat tidur. Sama seperti jenis makanan lain yang telah disebutkan, yogurt mengandung banyak kalsium dan triptofan.

Selain itu, yogurt juga kaya akan melatonin. Selain yogurt, Anda bisa memilih produk olahan susu lain, misalnya keju.

Madu

American Sleep Association merekomendasikan madu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Glukosa yang terkandung dalam madu mampu menurunkan jumlah oreksin, sebuah neurotransmitter dalam otak yang membuat Anda terus terjaga.

Selanjutnya: Cukup tidur, ini 5 cara sederhana cegah gula darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru