Bisa jadi obat jantung lemah, konsumsi 6 makanan ini

Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi obat jantung lemah, konsumsi 6 makanan ini

ILUSTRASI. Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat jantung lemah adalah brokoli.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung lemah adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami siapa saja. Biasanya, jantung mengalami kesulitan untuk melakukan fungsinya secara optimal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa obat jantung lemah yang bisa Anda coba.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis bahan alami ini hanya bersifat pelengkap, ya. Anda tetap perlu berkomunikasi dengan dokter untuk perawatan yang tepat. Tidak hanya itu, menerapkan pola hidup sehat yang lain juga harus Anda lakukan.

Hindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak, natrium, dan kolesterol. Daripada mengonsumsi jenis makanan tersebut, cobalah untuk mengonsumsi ragam makanan di bawah ini secara rutin.

Brokoli

Mengutip dari Healthline (healthline.com), brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan jantung. Jika dikonsumsi secara rutin, brokoli mampu menurunkan jumlah kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung Lemah

Kopi

Menurut sebuah penelitian, rutin mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak, ya. Pastikan untuk mengonsumsi kopi kurang dari batas toleransi Anda supaya tak menimbulkan efek samping.

Teh Hijau

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk obat jantung lemah adalah teh hijau. Saat jantung lemah, aliran darah menuju seluruh bagian tubuh mengalami gangguan. Hal itu bisa semakin parah saat jumlah kolesterol dalam tubuh tak terkontrol.

Nah, teh hijau berguna untuk mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh Anda. Ketika jumlah kolesterol lebih terkontrol, tekanan darah pun menjadi stabil. Dengan begitu, aliran darah dalam tubuh Anda bisa lebih lancar.

Oatmeal

Healthline merekomendasikan oatmeal untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Serat yang terkandung dalam jenis makanan itu mampu menurunkan jumlah kolesterol. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dapat berkurang.

Baca Juga: Makanan yang baik dikonsumsi penderita tekanan darah rendah

Bayam

Bayam termasuk salah satu obat jantung lemah karena mengandung banyak magnesium. Cobalah untuk mengonsumsi jenis sayur itu secara teratur supaya kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga. Namun, pastikan untuk mengolah bayam dengan cara yang sehat, ya.

Tomat

Tomat dapat Anda pakai sebagai obat jantung lemah.

Tomat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan jantung supaya tetap sehat. Mulai dari vitamin C, kalium, serat, dan lain sebagainya. Tidak hanya mencegah berbagai macam penyakit jantung, rutin makan tomat juga bisa mencegah jenis penyakit lain, misalnya batu ginjal.

Selanjutnya: 9 Tanda sakit jantung, mulai gangguan tidur hingga pusing

Editor: Belladina Biananda
Terbaru