kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa dicoba! 6 Obat anosmia alami untuk atasi hidung tak bisa cium bau


Jumat, 02 Juli 2021 / 07:23 WIB
Bisa dicoba! 6 Obat anosmia alami untuk atasi hidung tak bisa cium bau
ILUSTRASI. Anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau atau indra penciuman tak peka.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu gejala Covid-19 yang paling umum yakni anosmia. Anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau atau indra penciuman tak peka. Ketika hidung tidak bisa mencium bau, kualitas hidup seseorang praktis ikut menurun. 

Pengidap anosmia tak bisa membaui aroma makanan, sulit mencium wangi bunga aau parfum, sampai tak menyadari bahaya kebakaran atau gas bocor. 

Melansir NetMeds, anosmia terjadi ketika saraf yang bertugas mengirimkan sinyal dari hidung ke otak mengalami kerusakan. Penyebab anosmia bisa karena hidung tersumbat, masalah pada sinus, tumor di dekat saraf penciuman, cedera otak, atau Covid-19. 

Untuk anosmia Covid-19, kondisi hidung tidak bisa mencium bau bisa berlangsung dalam hitungan hari sampai berbulan-bulan lamanya. 

Baca Juga: Cara isolasi mandiri berdasarkan gejala yang dialami pasien Covid-19

Tak hanya mengganggu indra penciuman, anosmia kerap memengaruhi selera makan. Sehingga, pengidapnya bisa kehilangan selera makan, malnutrisi, atau frustasi. 

Bagi Anda yang tengah bergelut dengan anosmia, ada beberapa perawatan mengatasi hidung tidak bisa mencium bau yang bisa dijajal di rumah. 
Berikut beberapa obat anosmia alami: 

1. Latihan mencium bau 

Melansir Healthline, latihan mencium bau adalah salah satu obat anosmia alami yang bisa diandalkan. Latihan ini menggunakan empat jenis benda yang memiliki aroma kuat di rumah. Agar lebih praktis, Anda juga bisa memanfaatkan minyak asiri atau minyak esensial. 

Cara mengobati anosmia dengan latihan bau cukup praktis. Cukup konsentrasi dan hirup atau baui empat macam aroma berbeda, masing-masing selama 20 detik. Lakukan latihan mencium bau tiga kali sehari. 

Baca Juga: Ilmuwan identifikasi dua obat yang berpotensi melawan Covid-19, apa saja?

Dalam enam minggu, biasanya anosmia bisa sembuh. Latihan penciuman lebih efektif dilakukan dengan aroma atau bau yang sama setiap hari. Gunakan bahan alami yang ada di rumah seperti bubuk kopi, kembang mawar, kayu putih, atau cengkeh. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×