CLOSE [X]

Bisa Dibeli Di Apotik, Ini Obat Sakit Gigi Berlubang, Bisa Untuk Anak-Anak

Rabu, 13 April 2022 | 08:22 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa Dibeli Di Apotik, Ini Obat Sakit Gigi Berlubang, Bisa Untuk Anak-Anak

ILUSTRASI. Bisa Dibeli Di Apotik, Ini Obat Sakit Gigi Berlubang, Bisa Untuk Anak-Anak


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apa obat sakit gigi berlubang yang ampuh? Pertanyaan ini sering disampaikan banyak orang yang tiba-tiba mengalami sakit gigi akibat berlubang.

Gigi berlubang sebenarnya harus diperiksa ke dokter gigi. Namun, orang enggan untuk mengunjungi dokter gigi karena sibuk atau takut.

Untuk meredakan sakit gigi sementara sebelum pergi ke dokter gigi, Anda bisa meminum obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek. Ada banyak pilihan obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotek.

Banyak di antaranya obat sakit gigi berlubang bahkan bisa dibeli tanpa resep. Berikut daftar obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda coba:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep. Obat ini terkenal ampuh dan tersedia dalam berbagai sediaan, seperti tablet, kapsul, dan suspensi. Ibuprofen adalah obat tahan sakit yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroidal. Dosis ibuprofen untuk orang dewasa adalah 200 miligram 3 sampai 4 kali sehari setelah makan. Namun, hindari obat ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, atau sedang hamil.

Baca Juga: Tanpa Obat, Inilah Tanaman Herbal untuk Mengatasi Perut Kembung

2. Parasetamol

Parasetamol atau acetaminophen juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi berlubang. Obat ini relatif aman bagi semua kalangan, dan tidak terlalu tajam ke lambung. Dosis parasetamol bagi orang dewasa adalah 500 miligram setiap 6 jam sekali sehabis makan.

3. Asam menefamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi berlubang yang ampuh. Anda bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis dewasa 500 miligram 3 kali sehari setelah makan. Hindari mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki gangguan ginjal dan hati atau memiliki riwayat sakit lambung dan saluran pencernaan.

4. Natrium diklofenak

Natrium diklofenak menjadi pilihan yang bagus jika sakit gigi berlubang Anda menyebabkan rasa berdenyut. Natrium diklofenak memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan bisa meredakan sakit gigi berdenyut. Konsumsi obat ini dengan dosis dewasa 50 miligram 2 kali sehari setelah masak.

Ingat, obat-obat untuk sakit gigi berlubang itu ini hanya menghilangkan rasa sakit sementara. Untuk mencegah sakit gigi berulang setelahnya, segera kunjungi dokter gigi untuk mengatasi penyebab sakit gigi yang Anda alami.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotek",


Penulis : Nadia Faradiba
Editor : Nadia Faradiba

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru