Kesehatan Umum

Bisa dialami siapa saja, kenali penyebab mimisan ini

Selasa, 22 Juni 2021 | 10:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa dialami siapa saja, kenali penyebab mimisan ini

ILUSTRASI. Stres termasuk salah faktor yang bisa jadi penyebab mimisan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada dua jenis mimisan yang bisa Anda alami, yaitu anterior dan posterior. Penyebab mimisan anterior umumnya lebih mudah ditangani daripada mimisan posterior. Dengan mengetahui penyebabnya, perawatan yang tepat pun mudah untuk Anda lakukan.

Biasanya, seseorang akan langsung menengadah saat mimisan. Sayangnya, hal itu justru tidak disarankan karena bisa membuat Anda tersedak dan menyebabkan masalah yang lebih fatal. Saat mimisan, sebaiknya duduk tegak dan buat tubuh rileks.

Setelah itu, jepit hidung secara perlahan agar pendarahan berhenti. Mengompres hidung dengan handuk dingin juga bisa Anda lakukan. Supaya kondisi itu tak terus terulang, ada beberapa penyebab yang sebaiknya Anda perhatikan.

Penyebab Umum

Mengutip Raleigh Capitol (raleighcapitolent.com), mimisan terjadi karena berbagai macam hal. Mulai dari udara kering, mengupil, iritasi terhadap bahan kimia tertentu, terluka akibat kecelakaan, pilek, terlalu banyak menggunakan semprotan hidung, dan kondisi kesehatan tertentu.

Nah, faktor-faktor itu dapat melukai atau mengiritasi pembuluh darah yang ada di hidung. Akibatnya, pembuluh darah pecah sehingga mimisan pun terjadi. Meniup hidung atau bersin yang terlalu kuat juga dapat melukai pembuluh darah dalam hidung. Jadi, sebaiknya Anda lebih berhati-hati.

Baca Juga: Polip hidung, apa gejala, penyebab, dan cara mencegahnya?

Stres

Stres juga bisa jadi salah satu penyebab mimisan, lo. Saat stres, tekanan darah tubuh Anda cenderung meningkat sehingga risiko mimisan bertambah. Tak hanya itu, sebagian orang yang sedang stres lebih sering meniup hidung. Hal itulah yang membuat mimisan sering terjadi.

Alergi

Tahukah Anda bahwa alergi dapat menyebabkan mimisan? Raleigh Capitol menyebutkan bahwa alergen apa pun dapat mengganggu bagian dalam hidung. Itulah mengapa Anda yang memiliki alergi tertentu lebih mudah mengalami mimisan.

Antihistamin atau jenis obat lain yang digunakan untuk mengatasi alergi juga bisa membuat bagian dalam hidung kering. Akibatnya, risiko mimisan meningkat. Jika kondisi itu terus terjadi, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Waspada, inilah gejala leukemia berdasarkan tipenya

Mimisan Pada Anak

Ada banyak penyebab mimisan pada anak, misalnya udara yang kering.

Selain orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami mimisan. Penyebab mimisan pada anak-anak pun beragam. Namun, biasanya kondisi itu terjadi akibat mengupil atau udara yang kering. Terluka saat bermain pun dapat mengakibatkan masalah yang sama.

Anda tidak perlu khawatir jika anak-anak mimisan. Namun, jika mimisan tak kunjung berhenti setelah 20 menit, segera periksakan anak ke dokter. Dikhawatirkan ada masalah yang lebih serius sehingga membutuhkan perawatan medis.

Selanjutnya: Mengenal anemia aplastik, ini penyebab dan gejalanya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru