Polip hidung, apa gejala, penyebab, dan cara mencegahnya?

Jumat, 26 Maret 2021 | 16:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Polip hidung, apa gejala, penyebab, dan cara mencegahnya?

ILUSTRASI. Polip hidung adalah daging yang tumbuh di saluran pernapasan sehingga sistem pernapasan Anda bisa terganggu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polip hidung adalah daging yang tumbuh di saluran pernapasan. Biasanya, kondisi itu terjadi setelah adanya inflamasi yang cukup parah. Misalnya disebabkan oleh penyakit asma atau alergi. Tentu saja kondisi tersebut bisa membuat Anda tidak nyaman.

Ukuran polip yang terlalu besar dapat menutup saluran pernapasan sehingga sistem pernapasan Anda terganggu. Tak hanya itu, kemampuan mencium sesuatu pun menjadi terhalang. Bahkan, tidak jarang infeksi pun terjadi.

Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan bahwa polip di hidung memang bisa disembuhkan, tapi kondisi itu bisa kembali Anda alami. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi.

Penyebab Polip Hidung

Melansir Mayo Clinic, penyebab pasti polip di hidung belum bisa ditentukan secara pasti. Namun, ada beberapa faktor pemicu yang umumnya dialami oleh banyak orang yang menyebabkan inflamasi berlangsung lama.

Beberapa faktor yang dimaksud adalah penyakit asma, sensitivitas terhadap aspirin, alergi, dan tubuh yang kekurangan vitamin D. jika polip tak segera diatasi, ada banya komplikasi kesehatan yang dapat Anda alami. Misalnya, gangguan tidur atau infeksi sinus.

Baca Juga: 5 Bahan alami ini efektif jadi obat hidung tersumbat

Gejala Polip Hidung

Setiap orang mengalami gejala polip yang berbeda-beda, tergantung dari ukurannya. Semakin besar ukuran polip, tentu semakin banyak gejala yang Anda alami. Mulai dari hidung berair dan tersumbat, mendengkur, dan mimisan.

Yang lebih parah, Anda juga bisa mengalami sakit kepala, gigi bagian atas terasa nyeri, hingga mengalami penurunan fungsi indra penciuman. Semua gejala itu bisa berlangsung lama sampai lebih dari 12 minggu. Jika Anda mengalaminya, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: Cara menyembuhkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat corona

Cara Mencegah Polip Hidung

Selain memerhatikan kondisi tubuh Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda coba supaya polip tidak tumbuh di saluran pernapasan. Jika Anda menderita penyakit asma atau memiliki alergi, jangan lupa untuk mengatasi kondisi tersebut dengan baik supaya saluran pernapasan tak meradang.

Selanjutnya, perhatikan kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda. Hal itu perlu Anda lakukan untuk mencegah infeksi virus dan bakteri sehingga inflamasi tak terjadi. Selain itu, cobalah untuk memakai humidifier di rumah.

Selanjutnya: Waspada dan cermati! 5 Penyebab mimisan ini tak banyak disadari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru