kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Cegah Infeksi, Ini 6 Manfaat Konsumsi Sereh untuk Campuran Makanan dan Minuman


Senin, 04 September 2023 / 16:25 WIB
Bisa Cegah Infeksi, Ini 6 Manfaat Konsumsi Sereh untuk Campuran Makanan dan Minuman
ILUSTRASI. Bisa Cegah Infeksi, Ini 6 Manfaat Konsumsi Sereh untuk Campuran Makanan dan Minuman


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Konsumsi Sereh - JAKARTA. Kenali manfaat konsumsi serai yang banyak khasiatnya. Daun ini tentu mudah dijumpai sebagai bahan masakan atau minuman tradisional.

Sereh, juga dikenal sebagai serai atau lemon grass adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam hidangan seperti sup, kari, atau hidangan panggang.

Selain itu, serai memiliki aroma segar yang khas dan memberikan rasa citrus yang menyegarkan pada hidangan.

Ada beberapa kandungan serai yang bisa menjadi salah satu pelengkap nutrisi bahkan untuk mencegah penyakit.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Atasi Asam Lambung yang Kumat di Malam Hari

teh sereh

Kandungan Nutrisi Serai

Berikut adalah beberapa informasi tentang kandungan nutrisi sereh:

  • Serat: Serai mengandung serat diet yang dapat membantu dalam pencernaan dan menjaga kesehatan usus.
  • Vitamin dan Mineral: Serai mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, riboflavin, niacin, folat, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi dalam jumlah kecil.
  • Senyawa Fitokimia: Serai mengandung berbagai senyawa fitokimia, seperti citronellol, citronellal, dan geraniol, yang memberikan aroma dan rasa khas Serai. Beberapa senyawa ini juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang mungkin memiliki manfaat kesehatan.
  • Minyak Atsiri: Minyak atsiri adalah komponen utama dalam serai yang memberikan aroma yang kuat. Minyak atsiri serai mengandung citronellal, yang digunakan dalam produksi minyak esensial dan produk wewangian.

Baca Juga: 12 Cara Alami Mengobati Asam Urat, Tak Peru Minum Obat Kimia

Cek segudang manfaat konsumsi serai untuk campuran makanan dan minuman dilansir dari Pharmeasy.

Manfaat konsumsi serai

1. Kegunaan serai untuk infeksi

Serai menunjukkan sifat anti-bakteri dalam penelitian di laboratorium. Beberapa senyawa dalam serai diidentifikasi menunjukkan sifat anti bakteri terhadap bakteri gram positif dan gram negatif.

Serai ditemukan memiliki sifat antijamur. Dapat menghambat pertumbuhan jamur yang mengeluarkan mikotoksin (zat beracun yang dihasilkan oleh jamur) pada produk makanan dan biji-bijian.

Adapun zat antimikroba serai telah diamati dalam penelitian skala laboratorium. Namun, diperlukan uji coba skala lebih besar untuk mendukung penggunaan serai untuk infeksi pada manusia.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengikuti anjuran dokter jika terjadi penyakit menular.

2. Serai untuk jantung dan obesitas

Beberapa penelitian telah menguji serai sebagai agen hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) dan hipolipidemik (menurunkan lipid dalam darah) untuk mengurangi risiko obesitas dan hipertensi.

Ditemukan bahwa serai dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada manusia, sehingga menunjukkan perlindungan terhadap jantung. aktivitas. Hal ini juga ditemukan membantu menurunkan berat badan berlebih pada pasien yang kelebihan berat badan. 

Apabila Anda mengalami masalah jantung atau ingin menurunkan berat badan, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda dan ikuti saran dokter.

3. Serai untuk peradangan

Peradangan jaringan dianggap sebagai salah satu penyebab utama masalah kesehatan yang serius. Hal ini ditemukan terkait dengan penyakit seperti diabetes, kanker, gangguan neurodegeneratif, gangguan kardiovaskular (terkait dengan jantung dan pembuluh darah) dan rheumatoid arthritis.

Beberapa peneliti ungkap bahwa serai mengandung polifenol yang dapat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan mengurangi peradangan

 Namun, sebelum menggunakan serai atau pengobatan herbal lainnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

4. Serai untuk mengatasi kecemasan

Banyak peneliti telah mempelajari efek anti-kecemasan dari teh serai. Sebuah percobaan menemukan bahwa rebusan serai (larutan pekat) dan teh serai dapat menunjukkan efek anti-kecemasan ketika diberikan kepada hewan selama percobaan.

Namun, jika Anda berjuang melawan kecemasan, bicarakan gejala Anda dengan psikiater.

5. Serai untuk lambung

Larutan batang daun serai yang direbus dan dipekatkan dapat digunakan untuk mengatasi diare. Campuran Serai dengan Teh dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, dan sakit maag dengan melindungi lapisan lambung.

Apabila Anda mengalami masalah perut, konsultasikan dengan dokter Anda penyedia sebelum menggunakan serai untuk membantu gejala Anda. Menggunakan obat herbal tanpa konsultasi dokter dapat memperburuk keadaan.

6. Potensi kegunaan serai untuk liver

Ekstrak daun serai diuji aktivitas hatinya. Ramuan ini terbukti bermanfaat dalam menangani gangguan atau penyakit hati.

Jika Anda menderita penyakit hati, menggunakan ramuan apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter dapat merusak hati. Oleh karena itu, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan serai.

Perlu diingat bahwa serai biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan dalam jumlah kecil, sehingga kontribusi nutrisinya terhadap diet Anda mungkin relatif kecil.

Demikian informasi terkait manfaat konsumsi serai yang banyak khasiatnya sehingga bisa jadi pertimbangan untuk konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×