kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bingung Tiba-Tiba Diare, Ini 6 Penyebab yang Mungkin Terjadi


Rabu, 10 Januari 2024 / 05:08 WIB
Bingung Tiba-Tiba Diare, Ini 6 Penyebab yang Mungkin Terjadi
ILUSTRASI. Bingung Tiba-Tiba Diare, Ini 6 Penyebab yang Mungkin Terjadi


Reporter: Belladina Biananda | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengetahui faktor apa saja yang bisa jadi penyebab diare merupakan langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Dengan menghindarinya, masalah sistem pencernaan itu bisa Anda hindari sehingga kesehatan Anda pun menjadi lebih terjaga.

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), diare bisa muncul karena faktor genetik. Biasanya, kondisi itu dialami beberapa bulan setelah bayi lahir. Tentu saja Anda perlu segera memeriksakan bayi ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai.

Selain faktor genetik, masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan diare. Mengetahui penyebab masalah pencernaan itu juga bisa jadi salah satu langkah pencegahan sehingga kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Flu Perut

Flu perut jadi penyebab diare berikutnya yang bisa dialami oleh siapa saja. Masalah kesehatan itu terjadi karena infeksi virus, seperti norovirus atau rotavirus. Biasanya, flu perut berlangsung selama tiga hingga delapan hari. Gejala selain diare yang bisa Anda alami adalah demam, muntah, dan badan terasa sakit.

Baca Juga: Waspada, Gejala dan Penyebab Usus Buntu Ini Perlu Anda Tahu

Keracunan Makanan

Mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan keracunan. Ada berbagai macam hal yang membuat makanan menjadi beracun. Mulai dari makanan yang disimpan dalam suhu yang kurang sesuai, cara penanganan makanan yang kurang bersih, dan lain sebagainya.

Alergi Makanan

Selain keracunan makanan, alergi makanan juga bisa memicu terjadinya diare. Setiap orang memiliki alergi makanan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Gejala alergi umumnya muncul dalam kurun waktu 24 jam setelah Anda mengonsumsinya.

Jenis Obat Tertentu

Jenis obat tertentu bisa jadi penyebab diare.

Very Well Health menyebutkan bahwa mengonsumsi jenis obat tertentu bisa memicu kemunculan diare. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah pengobatan kemoterapi, antibiotik, atau jenis obat lain yang bersifat laksatif.

Beberapa jenis obat dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam perut sehingga Anda mengalami diare. Jika Anda mengalami diare yang mengganggu setelah mengonsumsi obat, jangan ragu untuk segera mengonsultasikannya dengan dokter, ya.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab BAB Berdarah, Ada yang Anda Alami?

Minuman Beralkohol

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi minuman beralkohol bisa memicu terjadinya diare? Kandungan dalam minuman beralkohol bisa menurunkan fungsi usus besar yang mana menyebabkan air tak bisa terserap maksimal. Akibatnya, feses pun mengandung air lebih banyak daripada batas normal.

Irritable Bowel Syndrome

Irritable bowel syndrome atau IBS jadi penyebab diare berikutnya yang perlu Anda waspadai. Tidak hanya menyebabkan diare, masih ada gejala IBS lain yang bisa terjadi. Misalnya, sembelit atau perut kembung. Umumnya, kondisi itu terjadi selama enam bulan. Jadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×