Kesehatan Anak

Biar mental health anak kuat, ini yang harus orangtua lakukan

Jumat, 10 Juli 2020 | 14:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Biar mental health anak kuat, ini yang harus orangtua lakukan

ILUSTRASI. Mental health anak bisa kuat dengan peran orangtua.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekitar 10% hingga 20% anak-anak dan remaja di dunia mengalami penyakit mental. Tapi, mental health anak bisa kuat dengan peran orangtua.

Melansir laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagian penyakit mental muncul saat anak berusia 14 tahun dan tiga perempat bagian remaja dewasa alami di usia 20-an.

Bahasan mental health semakin sering jadi perbincangan banyak orang. Soalnya, tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami penyakit mental.

Penyakit mental bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Sebagai orangtua, Anda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak.

Baca Juga: Begini cara belanja online hemat untuk dapat make up idaman

Sayangnya, tidak banyak yang menyadari, apa yang dilakukan justru bisa membuat mental health anak tidak kuat. Mengutip Lifehack.org, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat mental health anak menjadi kuat.

Stop materialisme!

Sekarang, sangat mudah untuk menemukan barang-barang mewah. Untuk membuat mental health anak menjadi kuat, penting bagi Anda untuk tidak membiasakan materialisme pada anak.

Saat anak berhasil melakukan sesuatu dengan sukses, hindari kebiasaan memberikan hadiah berupa mainan atau gawai canggih.

Anda bisa mengganti hadiah tersebut dengan sesuatu yang lebih bermakna. Misalnya, mengunjungi taman, membaca buku favorit bersama, bermain bersama selama satu jam penuh tanpa distraksi apapun.

Baca Juga: Berikut obat herbal yang ampuh menurunkan kadar asam urat tinggi

Editor: Belladina Biananda


Terbaru