Biar buah hati lahir cerdas, 5 kebiasaan ini perlu ibu lakukan

Jumat, 19 Maret 2021 | 16:57 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Biar buah hati lahir cerdas, 5 kebiasaan ini perlu ibu lakukan

ILUSTRASI. Biar buah hati lahir cerdas, 5 kebiasaan ini perlu ibu lakukan.

KONTAN.CO.ID -  Memiliki anak yang pintar tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Untuk merangsang kecerdasan buah hati, Anda bisa memulainya sejak dia masih dalam kandungan.

Melansir Forbes, Kelly Huffman, asisten profesor psikologi di California University, mengatakan jika apa yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada anak. 

Selain konsumsi makanan dan minuman, kebiasaan ibu saat hamil juga mempengaruhi bayi bisa terlahir cerdas atau tidak. Karenanya, selama hamil ibu sebaiknya memperhatikan makanan serta kebiasaannya. 

Berikut cara-cara yang bisa diterapkan selama kehamilan agar bayi terlahir cerdas, dihimpun dari The Bump dan Forbes.

  • Mengkonsumsi ikan dan telur

Ikan terutama ikan laut mengandung banyak nutrisi terutama Omega 3 dan . Sudah lama Omega 3 dipercaya meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat.

Saat hamil, ibu dianjurkan banyak mengkonsumsi ikan yang bebas dari merkuri.  Hindari makan daging ikan mentah selama masa kehamilan. Pastikan hidangan ikan sudah dimasak hingga matang. 

Selain ikan, kandungan Omega 3 dan asam lemak bisa didapat di buah alpukat dan minyak zaitun.  Telur juga baik untuk perkembangan otak bayi. Kuning telur mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan memori dan kemampuan belajar anak. 

  • Istirahat dan tidur yang cukup

Tidur yang cukup baik siang maupun malam bisa membantu perkembangan otak janin. Selain itu, tidur dan istirahat yang cukup bisa meningkatkan fungsi seperti fokus, disiplin diri, dan menghafal. Istirahat yang cukup bisa membantu menaikkan imun tubuh.

Baca Juga: Mengenal gangguan belajar disleksia pada anak, dari penyebab hingga ciri-cirinya

  • Berolahraga

Rutin berolah raga bisa membantu agar anak cerdas sejak dalam kandungan. Hormon endorfin akan dilepaskan saat tubuh berolahraga.  Hormon ini akan berpengaruh pada sirkulasi peredaran darah dan menstimulasi perkembangan janin. 

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, ada beragam olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Yoga dan aerobik khusus ibu hamil bisa jadi pilihan berolahraga selama kehamilan.

  • Membaca buku dan mengajak berbicara

Salah satu cara agar bayi terlahir cerdas adalah mengajaknya bicara saat masih di dalam kandungan. Dalam salah satu penelitian di tahun 2013, janin yang terbiasa mendengarkan rekaman suara bisa mengenali kata-kata lebih baik saat ia lahir. 

Janin yang terbiasa mendengarkan percakapan memiliki respon yang lebih aktif. Hal ini menandakan jika janin mulai mengenali beberapa kata. Ajaklah janin berbicara atau membacakan buku cerita dengan cukup keras secara rutin.

  • Menghindari alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok harus dihindari selama kehamilan. Kandungan dari dua hal ini bisa menghambat perkembangan bayi. Bahkan mengkonsumsi alkohol selama kehamilan bisa memicu bayi lahir cacat dan ketidakmampuan dalam belajar.

Agar bayi terlahir cerdas, sebaiknya Anda berhenti minum alkohol dan rokok terlebih dahulu. Ganti alkohol dengan jus buah atau susu agar bayi cerdas sejak di dalam kandungan. 

Selanjutnya: 5 Makanan ini baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru